spot_img
spot_img

Jangan Terlalu Senang, Bitcoin di PayPal Tidak Bisa Dikirimkan

Jelang peluncuran layanan jual-beli Bitcoin, Ether, Bitcoin Cash dan Litecoin di PayPal, Anda penggemar aset kripto jangan terlalu senang. Pasalnya aset kripto di layanan itu tidak bisa dikirimkan keluar dari akun Anda. Setidaknya mungkin untuk sementara.

PayPal menyebut itu secara gamblang di situs web resminya. PayPal menerangkan, bahwa aset kripto, misalnya Bitcoin (BTC) yang dibeli tidak bisa ditransfer/ditarik (withdraw) ke akun PayPal lainnya, termasuk ke wallet bursa aset kripto biasa atau wallet pribadi.

Artinya, setelah Anda membeli Bitcoin menggunakan dolar AS di layanan PayPal itu, maka Bitcoin langsung tersedia di akun, tanpa bisa ditransfer sama sekali.

Bitcoin akan kembali ke custodian wallet PayPal ketika Anda menjual Bitcoin itu atau digunakan dalam pembayaran daring ke sejumlah merchant yang jumlahnya belasan juta di seluruh dunia.

Merchant ini sendiri tidak menerima Bitcoin, tetapi menerima dolar atau mata uang fiat yang didukung lainnya. Sistem PayPal akan mengonversinya secara langsung. Khusus layanan ini akan digelar pada awal atau medio tahun 2021 mendatang.

Intinya, layanan PayPal itu mirip dengan pembelian aset kripto di Revolut dan Robinhood. Pengguna yang membeli Bitcoin di PayPal memang bisa merasakan punya Raja Aset Kripto itu, tetapi tidak bisa memindahkan Bitcoin keluar dari platform atau address lain. 

“Saya bisa memahami kegembiraan para pendukung aset kripto soal langkah PayPal itu. Namun, sebagian besar mengabaikan fakta bahwa PayPal membatasi transfer aset kripto ke wallet lainnya,” kata Jake Chervinsky, Penasihat Umum di Compound Finance, dilansir dari Forbes.

Bahkan PlanB, pencipta model Stock-to-Flow (S2F) untuk Bitcoin, yang awalnya optimistik, akhirnya mengeluarkan pernyataan menggelikan.

“Oke, kita bisa melupakan berita Paypal itu, karena aset kripto tidak dapat ditransfer ke akun lain di dalam atau di luar PayPal. Jadi, itu semua adalah ‘burger besar tanpa PayPal’, hanya entri di database pusat PayPal pusat. Ini tidak ada hubungannya dengan Bitcoin,” tegas PlanB.

CEO Ripple, Brad Garlinghouse juga mengatakan bahwa berita PayPal itu secara keseluruhan melalahirkan optimisme, tetapi mengambil dua langkah maju dan satu langkah mundur. [red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait