spot_img
spot_img

John McAfee: Prediksi Saya Soal Harga Bitcoin US$1 Juta adalah Humor

John McAfee. Ya, pria gaek ini sulit dilepaskan dari citra manusia eksentrik di dunia teknologi informasi dan bisnis, termasuk Bitcoin. Kemarin, dia mengatakan, bahwa prediksinya soal Bitcoin seharga US$1 juta per BTC adalah “sebuah humor”.

Anda tentu masih ingat cuitan McAfee pada 29 November 2017 ini. Dia memprediksi bahwa harga Bitcoin bisa mencapai US$1 juta per BTC pada akhir tahun 2020. Prediksi itu dua kali lipat daripada sebelumnya, yakni US$500 ribu.

“Dan saya masih bersama sumpah saya, bahwa jika saya keliru, maka saya akan memakan alat kelamin saya,” katanya kala itu.

Namun, belum sampai akhir tahun 2020, kemarin (30 Mei 2020) dia mengatakan bahwa prediksinya itu adalah humor yang absurd.

“Saya adalah orang yang memprediksi Bitcoin (teknologi aset kripto yang paling cacat), akan mencapai US$1 juta. Apakah Anda adalah salah seorang yang tidak melihat ada humor absurd di dalamnya? Jika Bitcoin mencapai US$1 juta, maka kapitalisasi pasarnya akan lebih besar dari PDB semua negara-negara di wilayah Amerika Utara. Orang bodoh macam apa yang bisa percaya omong kosong seperti itu?” kata McAfee.

Tak hanya soal prediksi harga yang kurang memiliki dasar analisis teknikal, McAfee juga sering sesumbar mengakui siapa sosok pencipta Bitcoin sebenarnya. Dia bilang dia tahu siapa Satoshi Nakamoto.

Mengakui McAfee sebagai orang yang eksentrik, berarti sulit meyakini 100 persen apa yang keluar dari mulutnya. Dan mudah bagi kita menafsirkan, McAfee sedang memainkan peran baru di panggung aset kripto yang sama, yakni meninggalkan Bitcoin dan masuk ke proyek GHOSTCoin besutannya.

GHOSTCoin diklaim oleh McAfee lebih hebat daripada jenis privacy coin seperti Monero (XMR), karena merupakan generasi kedua dari sejenisnya. Padahal kode sumber GHOSTCoin diketahui sangat mirip dengan aset kripto PIVX dan dia dituding melakukan “copy paste“.

“GHOSTCoin akan lebih hebat jikalau diperdagangkan di bursa aset kripto desentralistik,” katanya beberapa waktu lalu.

Di atas itu semua dan di luar kontroversi baru itu, McAfee telah memainkan peran penting, yakni mempromosikan Bitcoin ke panggung dunia, hingga media-media besar mewawancarainya. Untuk satu hal ini, kita boleh mengucapkan terima kasih.

Tetapi, karena sikap aneh McAfee itu pula, kita selayaknya meragukan proyek GHOSTCoin ini ke depannya. Sumpah “makan alat kelamin” tak pernah kita lupa. [red]

spot_img

Terkini

spot_img

Terkait