spot_img
spot_img

Kapitalisasi Pasar Binance Dollar (BUSD) Melejit US$100 Juta

Per 10 Maret 2020, kapitalisasi pasar stablecoin Binance Dollar (BUSD) melejit hingga US$100 juta. Ini adalah kali pertama bagi stablecoin yang diterbitkan atas kerjasama Binance-Paxos Trust itu.

Saat ini, BUSD memiliki kapitalisasi pasar tertinggi keenam di antara stablecoin lainnya. BUSD memang memiliki awal yang lambat, tetapi baru-baru ini menapak tangga baru, dengan pertumbuhan bulanan hingga 400 persen. Kapitalisasi pasarnya naik US$22 juta menjadi US$115 juta.

Bos Binance Changpeng Zhao percaya pertumbuhan ini akan terus berlanjut karena peggunaan BUSD yang terus meningkat.

“Kami yakin penggunaan BUSD akan lebih banyak dan luas. Bekerjasama dengan Paxos Trust, stablecoin itu diterbitkan lewat pengawasan oleh New York Department of Financial Services (NYDFS),” kata Zhao.

Selain digunakan sebagai medium pembayaran di bursa aset kripto, pengguna Binance dapat memperoleh bunga hingga 15 persen per tahun atas kepemilikan BUSD mereka dengan berpartisipasi dalam program pinjaman Binance.

Selain Binance, bursa aset kripto asal AS, Coinbase juga menawarkan bunga dengan menyimpan stablecoin USDC, tapi dengan imbal hasil hanya 1,25 persen.

Berkategori DeFi (Decentralized Finance), hal serupa digelar juga oleh Celsius Network, Nexo dan BlockFi. Meskipun kenaikan kapitalisasi pasarnya sangat cepat, BUSD masih jauh di belakang stablecoin Tether (USDT). USDT berkapitalisasi pasar lebih dari US$4,5 miliar.

Tetapi pada kelajuan saat ini, akan membutuhkan waktu kurang dari 2,5 bulan bagi BUSD untuk mengejar ketertinggalannya.

Stablecoin BUSD, USDT, USDC merepresentasikan nilai dolar AS di pasar. Nilai satu unit BUSD dan USDT sama dengan 1 dolar AS (Rp14.523) dengan kurs saat ini.

Stablecoin bernilai dolar itu kian diakui sebagai alternatif mengirimkan uang lintas negara secara cepat dan mudah dibandingkan layanan perbankan, WesternUnion dan PayPal.

Di Indonesia USDT yang berbasis blockchain Ethereum dan Bitcoin itu juga bisa dikonversi menjadi uang rupiah dan dikirimkan ke rekening bank melalui sejumlah bursa. [Cointelegraph/red]

spot_img

Terkini

spot_img

Terkait