spot_img
spot_img

Kartun Viral Baby Shark Menyelam di Sektor NFT

SmartStudy, pencipta video viral Baby Shark, mulai menyelam di sektor NFT. Pada hari Selasa (16/11/2021), perusahaan edukasi daring asal Korea Selatan itu mengumumkan kemitraan dengan MakersPlace, startup asal San Fransisco yang mencetak dan menjual NFT.

Kemitraan itu bertujuan meluncurkan koleksi NFT Baby Shark mulai bulan depan.

Baby Shark Hadir dalam Wujud NFT 

Baby Shark adalah video yang paling banyak ditonton di YouTube dengan 9,7 milyar penayangan. Video berdurasi dua menit itu menceritakan keluarga ikan hiu disertai lagu yang dirilis pada 2016 dan menjadi viral di tahun 2018.

Penggemar animasi ikan hiu tersebut dapat membeli NFT Baby Shark di MakersPlace. Startup ini didukung oleh investor awal seperti musisi rap Eminem dan CEO rumah lelang Sotheby’s, Bill Ruprecht.

“Sebagai sensasi yang lahir di internet, progres alami Baby Shark adalah merangkul NFT yang akan menjadi langkah signifikan bagi bab Baby Shark berikut di belantika digital,” jelas Bin Jeong, CEO Pinkfong USA, anak perusahaan SmartStudy.

NFT adalah aset digital yang disimpan di blockchain dan berfungsi memverifikasi keaslian benda digital seperti musik, seni dan informasi dalam game. Teknologi ini semakin digandrungi oleh pelaku dan perusahaan di industri hiburan.

Belum lama ini, agensi pemasaran Hybe, yang mempopulerkan sensasi band K-Pop BTS, serta kolega industri Cube Entertainment mengumumkan kemitraan serupa untuk meluncurkan NFT berdasarkan artis-artis populer.

Pada bulan Agustus, MakersPlace mengumumkan telah mendapat pendanaan putaran pertama sebesar US$30 juta dari Bessemer Venture Partners, pemodal ventura asal Silicon Valley yang berinvestasi pula di Shopify dan Pinterest, serta Pantera Capital.

MakersPlace didirikan pada tahun 2018 oleh Yash Nelapati, pegawai pertama di Pinterest, Daniel Chu dan Ryoma Ito.

Saham Samsung Publishing, pemegang saham SmartStudy terbesar kedua setelah pendiri dan CEO Kim Min-seok, melompat 6 persen setelah pengumuman mengenai NFT itu.

Paman Kim, pengusaha baju Kim Chang-soo, menduduki peringkat ke-10 sebagai milyarder terkaya di Korea menurut Real-Time Billionaires List dengan total kekayaan US$3,6 milyar. [forbes.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait