Kasus FTX: Crypto Exchange Hong Kong Hentikan Layanan Trading OTC, Duit US$50 Juta ‘Nyangkut’ di FTX

Efek domino keruntuhan bursa kripto FTX masih berlanjut, platform kripto terkemuka di Hong Kong, Genesis Block, menjadi korban terkini. 

Melansir The Block, Genesis Block memiliki dana yang tertahan alias ‘nyangkut’ di FTX yang telah bangkrut.

“Nilainya sekitar US$50 juta,” ujar seorang sumber kepada media tersebut.

Genesis Block, sebagai operator salah satu jaringan ATM Bitcoin terbesar di Asia menyampaikan, akan menutup portal perdagangan over-the-counter (OTC) pada 10 Desember mendatang. 

IKLAN

Reuters mengutip info tersebut dari e-mail pengguna yang dikirim oleh salah satu divisi perusahaan itu.

“Kami telah menghentikan perdagangan, karena kami tidak tahu rekanan berikutnya yang bakal runtuh. Jadi, kami menutup semua posisi kami untuk mendapatkan kembali sebagian likuiditas kami,” ujar Kepala Eksekutif Genesis Block, Wincent Hung kepada Reuters pada Sabtu (19/11/2022). 

Pihak Genesis Block sendiri tidak memiliki koneksi dengan Genesis Global Capital yang menangguhkan penukaran oleh pelanggan minggu ini.

Bahkan sebelum FTX bangkrut, Genesis Block telah menghentikan operasi bisnisnya di Hong Kong. Kepada The Block, satu sumber mengatakan seorang pejabat Genesis Block sebelumnya adalah direktur di FTX Hong Kong, tetapi mengundurkan diri dari jabatan direktur bulan ini. 

Masih Menjajakan Panduan Pembelian Token FTT

Namun, situs web Genesis Block masih menunjukkan panduan cara membeli token FTT. Penjualan token dari bursa FTX, menggunakan jaringan ATM yang menjangkau 29 lokasi di Hong Kong dan enam di Taiwan.

Jaringan ATM nya sekarang dioperasikan oleh merek bernama CoinHero, yang berkembang di Hong Kong, yakni setelah Genesis Block menjual bisnis tersebut ke pihak ketiga tahun lalu.

Situs web CoinHero juga memberikan panduan kepada pelanggannya tentang cara membeli FTT melalui OTC Genesis Block di Hong Kong.

CoinHero tidak membalas permintaan komentar dari Reuters. Demikian juga Genesis Block tidak menanggapi pertanyaan perihal jaringan ATM.

Genesis Block didirikan pada tahun 2012 oleh Wincent Hung dan Clement Ip dan melayani klien individu dan institusi. 

Layanan OTC-nya membutuhkan nilai transaksi minimum sekitar US$20.000, menurut situs webnya. 

Kini, Genesis Block HK adalah perusahaan terbaru yang tertular dampak bangkrutnya FTX. Crypto.com, Genesis, Galaxy Digital, Nickel Digital dan Vauld semuanya memiliki eksposur ke FTX.

Sementara, FTX Hong Kong adalah salah satu dari sekitar 130 perusahaan afiliasi FTX yang didukung oleh Sam Bankman-Fried yang telah mengajukan proses kebangkrutan di Delaware, Amerika Serikat.

Ip dikabarkan pernah menjabat sebagai Direktur di FTX Hong Kong. Kedua perusahaan tersebut dikabarkan memiliki kantor bersama di Hong Kong. [ab]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait