Kasus Investasi Bodong Tembus Rp109,67 Triliun, Ini Upaya Reku Tingkatkan Literasi Keuangan di Indonesia

Pada Rabu (31/MEI/2023), Platform pertukaran dan pasar kripto Indonesia, Reku, kian gencar melakukan upaya penetrasi pasar usai meraih pendanaan Seri A senilai US$ 11 juta dari AC Ventures dan deretan investor ternama sekaligus mengentas investasi bodong.

Setelah melakukan rebranding dan menggandeng Maudy Ayunda sebagai brand ambassador beberapa waktu lalu, kini, Reku menggelar ReKru Roadshow di 26 kota untuk meningkatkan literasi finansial di Indonesia.

Langkah Reku menggelar ReKru Roadshow bukan tanpa alasan. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah kasus investasi bodong yang tidak sedikit. Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (SWI OJK) mencatat, jumlah kerugian investasi bodong sepanjang 2022 mencapai Rp 109,67 triliun.

Genta Mansyur, Head of Community Reku mengatakan,

“melihat kesenjangan informasi mengenai kripto di masyarakat Indonesia yang telah menyebabkan kerugian bagi banyak pihak, Reku meyakini pentingnya penyebaran informasi yang luas dan akurat tentang keamanan dan cara berinvestasi yang lebih cerdas sehingga investasi bodong dapat menghilang.”

“Hal ini sejalan dengan misi Reku untuk meningkatkan literasi investasi di kalangan masyarakat Indonesia dan menciptakan peningkatan ekonomi, serta kualitas hidup yang lebih baik.”

Dalam ReKru Roadshow, Reku menggandeng ribuan peserta untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik, mulai dari seminar dan workshop seputar dunia investasi dan bagaimana menjadi investor yang bijak, hingga berbagai hiburan menarik, seperti turnamen e-sport.

Para peserta juga berkesempatan untuk bertemu dan memperluas relasi bersama komunitas investasi kripto dan di wilayah mereka masing-masing.

Adapun sejumlah wilayah yang didatangi ReKru Roadshow tahun ini, meliputi Semarang, Surabaya, Medan, Indramayu, Sukabumi, Majalengka, Lombok Tengah, Jember, Depok, Bireuen, Gresik, Brebes, Nias, Tangerang, Yogyakarta, Deli Serdang, Mataram, Bandung, Jakarta Selatan, dan Samosir. 

Terbuka untuk umum, acara ini mendapatkan sambutan hangat dan antusiasme tinggi di berbagai daerah. Tidak hanya dari komunitas pengguna Reku, investor, dan komunitas kripto Indonesia, melainkan juga dari tokoh-tokoh dan pemerintah daerah.

Dr. Purnama, SpOG yang akrab disapa Dokter Pur, anggota DPR Aceh, menyampaikan dukungan pada ReKru Roadshow di Bireuen, Aceh yang dihadiri lebih dari 100 peserta.

“Komunitas kripto di Aceh tumbuh pesat sejak 2018. ReKru Roadshow di Aceh semakin mengukuhkan posisi Aceh sebagai salah satu pusat perkembangan komunitas investor kripto Indonesia, terlebih, ketiga founder Reku berasal dari Aceh,” ujar dokter Pur.

Sementara, Ivan Kwananda, Mentor ReKru mengatakan, “acara ini sangat mengedukasi para peserta untuk dapat berinvestasi kripto dengan benar.”

“Peserta belajar tentang risk profile mereka dan mendapatkan penjelasan tuntas tentang Reku, sehingga mereka dapat dengan bijak berinvestasi di platform yang terpercaya dan aman dan terhindari dari investasi bodong.”

Rangkaian roadshow ini menjadi salah satu bentuk komitmen Reku untuk meningkatkan literasi tentang investasi dan perkembangan industri aset digital dan teknologi di Indonesia.

Di antara kegiatan ini, Reku juga mencoba memperkenalkan berbagai keunggulan platform mereka yang inovatif.

Dalam aplikasi mobile Reku yang terbaru, terdapat fitur-fitur baru yang memudahkan pengguna untuk bisa berinvestasi secara mudah dan cepat.

Beberapa fitur tersebut hanya terdapat di Reku, seperti staking aset kripto dalam blockchain, mode lightning dan pro bagi pemula dan pengguna pro, serta fitur sosial yang memungkinkan adanya interaksi antar pengguna.

Fitur baru ini melengkapi keunggulan Reku yang sudah terkenal di kalangan investor kripto Indonesia yakni kemudahan penggunaan, biaya yang kompetitif, dan kecepatan transaksi yang optimal dan informasi terkini sehingga investasi bodong bisa dihindari.

Menyusul kesuksesan gelaran perdana ini, Reku berencana untuk kembali menggelar ReKru aRoadshow pada Agustus dan September mendatang.

Tak hanya itu, Reku juga berencana untuk menambah jumlah kota yang akan didatangi guna menjangkau lebih banyak investor. Informasi lebih lanjut mengenai daftar kota, tanggal, dan pendaftara  ReKru Roadshow akan diumumkan melalui Instagram resmi Reku, @reku_id.

 -SELESAI-

Tentang Reku

Reku (sebelumnya Rekeningku.com) adalah pertukaran aset kripto yang berbasis di Indonesia, melayani pasar lokal lebih dari 500 ribu pengguna kripto terdaftar.

Pengguna Reku dapat dengan mudah berinvestasi, membeli dan menjual Bitcoin, Ethereum, dan aset kripto lainnya dengan mudah, aman, dan sesuai regulasi Badan Pengawas Perdagangan Komoditas dan Berjangka (BAPPEBTI).

Perusahaan ini memiliki misi untuk mengembangkan masyarakat Indonesia yang lebih melek dan kritis investasi aset kripto dan terhindar dari investasi bodong.

Dengan semangat dari misi ini, Reku membangun ekosistem yang menyuguhi kebutuhan atas informasi dan analisis yang kredibel.

Tidak hanya itu, Reku memiliki akses yang mudah dan terjangkau untuk masyarakat Indonesia, dan tetap memastikan seluruh layanan dan produk yang diberikan terdaftar, diawasi, dan sesuai dengan aturan negara.

Informasi lebih lanjut untuk Reku dan AC Ventures:
Annisa Bella Syana.S. (Abel)

Sr. Brand & Communications Associate, AC Ventures

+62 822 984 22 712

annisa@acv.vc

Didukung Oleh Investing.com
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait