Kasus NFT Dibeli Murah, OpenSea Akan Ubah Sistem dan Tampilan

Terkait kasus NFT di OpenSea terjual lebih murah dibanding floor price, OpenSea berencana mengganti kerugian dan mengubah tampilan.

Salah satu pengguna yang merugi adalah Tballer. NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) miliknya terjual seharga US$1.800 atau 99 persen lebih murah dibanding floor price BAYC, beberapa waktu lalu.

Perusahaan analisa blockchain Elliptic mengidentifikasi setidaknya tiga oknum yang berhasil merebut delapan NFT senilai US$1 juta dengan harga jauh di bawah normal.

Juru bicara OpenSea mengatakan pihaknya menghubungi korban dan mengganti rugi akibat masalah tampilan yang membingungkan. OpenSea berusaha meningkatkan kewaspadaan soal isu ini dan memberikan pengguna lebih banyak kendali dalam hal pengelolaan NFT.

Masalah tampilan terjadi ketika pengguna OpenSea tidak membatalkan listing. Alih-alih membayar biaya transaksi tinggi, pengguna mentransfer NFT ke dompet berbeda.

Saat NFT tersebut ditransfer kembali ke dompet utama, listing tersebut masih aktif dengan harga lama dan siapapun dapat membeli NFT itu.

Hal ini menjadi masalah besar ketika NFT itu mengalami peningkatan nilai besar antara waktu transfer keluar dan transfer masuk. Perbedaan harga inilah yang menjadi sumber kemalangan pengguna yang lupa membatalkan listing tersebut.

“Penghindaran biaya transaksi mendorong perilaku buruk dari pengguna. Tantangan skalabilitas sangat nyata dan solusinya adalah layer 2, bukan trik off-chain,” jelas Charles Guillemet, CTO Ledger.

Menanggapi masalah tersebut, OpenSea berkata hal ini bukan merupakan eksploitasi ataupun bug, melainkan isu yang lahir dari sifat alami blockchain. OpenSea tidak bisa membatalkan listing sepihak, pengguna yang harus melakukannya sendiri.

OpenSea telah meluncurkan pengelola listing baru dimana pengguna dapat melihat dan melakukan penyesuaian dengan mudah. Selain itu, OpenSea mengubah durasi listing standar dari enam bulan menjadi satu bulan sehingga akan kadaluarsa lebih cepat.

Pengguna akan mendapat notifikasi ketika melakukan transfer NFT yang memiliki listing aktif dan opsi untuk membatalkannya. OpenSea akan mengirim surel kepada pengguna bila hal ini terjadi.

OpenSea merupakan marketplace NFT terbesar dengan pangsa pasar 60 persen. Belum lama ini, OpenSea menggalang dana US$300 juta dalam putaran Seri C, sehingga valuasi OpenSea menjadi US$13,3 milyar. [theblockcrypto.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait