Kasus Ripple XRP: SEC Penuhi Perintah Pengadilan, Bagaimana Nasib Harga XRP?

Kasus Ripple XRP dikabarkan akan segera tuntas setelah Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) setuju dengan amicus curiae dengan memberikan surat ke Hakim Pengadilan Wilayah Analisa Torres.

Amicus curiae merupakan pihak ketiga yang tidak terlibat persengketaan tetapi diberikan izin untuk memberi kesaksian terkait kasus.

Sejumlah individu dan organisasi termasuk Phillip Goldstein, SpendTheBits dan ICAN akan bersaksi soal XRP dan kedudukannya sebagai sekuritas.

Kasus Ripple XRP dan SEC AS

SEC telah berulangkali menolak kesaksian amicus curiae dengan dalih tidak relevan, tetapi kini badan regulator tersebut menerima permintaan amicus curiae dari pihak Ripple Labs.

IKLAN

Selain itu, diskusi internal SEC soal Ether (ETH) diungkap dalam berkas yang diterima oleh pengacara Ripple Labs. Sebab SEC berulangkali menolak menerbitkan berkas tersebut, Hakim Torres memberi perintah bagi SEC untuk menyerahkannya.

Pada tahun 2018, mantan Direktur Keuangan Korporat SEC William Hinman menyatakan bahwa Bitcoin (BTC) dan ETH bukan sekuritas. Berkas yang dimiliki oleh SEC mengandung komunikasi internal Hinman dan draf awal pidato terkait topik tersebut.

Pada 21 Oktober lalu, SEC berargumen petisi dari Ripple Labs yang memohon keputusan kesimpulan dari pengadilan sebaiknya ditolak sebab ada bukti kuat Ripple Labs melakukan penjualan sekuritas tidak legal kepada investor umum.

Ripple Labs membalas bahwa SEC tidak memiliki landasan legal kuat untuk mendukung gugatan bahwa Ripple Labs wajib mendaftar XRP sebagai sekuritas menurut Hukum Sekuritas 1933.

Amb Crypto melaporkan, nasib harga XRP di tengah kasus Ripple XRP menunjukkan tren positif. Indikator Relative Strength Index (RSI) berada di atas angka 50 yang menandakan momentum bullish.

Pergerakan harga XRP tampak sehat dengan Moving Average (MA) jangka pendek dan jangka panjang menyediakan support.

Grafik harian menunjukkan pola harga higher low dan higher high yang menjadi pertanda XRP dapat mencapai nilai lebih tinggi dalam waktu dekat.

Berdasarkan analisa teknikal Fibonacci extension, XRP dapat memanjat hingga US$0,9. Saat ini, XRP diperdagangkan di harga US$0,47.

Komunitas XRP berpandangan optimis terhadap peluang Ripple Labs memenangkan kasus melawan SEC. Bila tim Ripple Labs berhasil menang, bursa kripto di AS dan negara lain akan melisting XRP sehingga membuat aset kripto itu terjangkau oleh lebih banyak investor. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait