Kasus Terra (LUNA) dan UST Belum Reda, Kapan Pasar Kripto Akan Pulih?

Bitcoin (BTC) anjlok hingga ke titik terendah selama 16 bulan terakhir. Altcoin turut menderita penurunan lebih tajam selama satu pekan ini. Kendati harga kripto sedikit menguat, situasi pasar masih sangat kritis.

Kapan Pasar Kripto Akan Pulih?

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson, membagikan pandangannya soal kondisi terkini pasar kripto. Ia berkata aset kripto saat ini berada di “musim dingin” baru dan akan memakan waktu mingguan bahkan bulanan untuk membentuk harga bawah sebelum kemudian pulih pelan-pelan.

Menurut Hoskinson, pasar aset digital sedang berada di fase panik di kalangan investor.

Ia mencuit, “Bila ini adalah musim dingin kripto pertama Anda, selamat datang. Saya sudah mengalami banyak sejak 2011 dan hal ini selalu datang seperti mandi dingin air es.”

Dikutip dari Crypto Potato, terkait kapan pasar kripto akan pulih, Hoskinson mengatakan bahwa pasar kripto sedang memasuki fase “panik di jalanan.” Butuh waktu mingguan hingga bulanan untuk mencapai harga bawah disusul oleh pemulihan pelan-pelan.

Bitcoin berhasil menangkap minat institusional, suatu hal yang seringkali disambut baik. Kendati demikian, Hoskinson berkata hal tersebut bisa memiliki efek negatif.

Di saat investor ritel terus menyimpan kripto sebagai alternatif terhadap sistem keuangan global yang tidak adil dan dimanipulasi, Hoskinson meyakini masuknya kalangan Wall Street ke sektor aset digital menambah dampak terhadap kelesuan di pasar aset kripto.

Ia berkata kalangan institusional telah menjual simpanan kripto mereka dan melihatnya sebagai aset resiko tinggi dengan peluang untung tinggi.

“Inilah bahayanya mengundang kalangan Wall Street masuk ke sektor kripto. Ketika kondisi pasar tidak berjalan sesuai harapan, mereka menjualnya,” jelas Hoskinson.

Menurutnya, kalangan institusional memperlakukan kripto sebagai aset biasa dengan label eksotis dan resiko tinggi.

Banyak pihak melihat peristiwa gagalnya Terra USD (UST) sebagai black swan dengan dampak yang besar sepanjang riwayat industri kripto. Kripto di ekosistem Terra (LUNA) terdampak, hingga LUNA pun terus terjun bebas setiap hari hingga mencapai penurunan lebih dari 99 persen.

Aset kripto lain pun turut terdampak dan mengalami penurunan besar, sebab menjadi kolateral di dalam ekosistem Terra.

Hoskinson berpendapat runtuhnya stablecoin atau kaburnya pengembang proyek tidak berarti industri kripto akan mati total. Ia berkata tujuan pasar kripto adalah mengembalikan stabilitas, kredibilitas dan kepercayaan yang hilang terhadap sistem moneter global. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait