Kejatuhan BTC ETH Memicu Hilangnya US$800 Juta dari Kapitalisasi Pasar Kripto

Dalam peristiwa yang mengejutkan, pasar kripto mengalami goncangan besar saat Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) menghadapi penurunan tajam, memicu kekhawatiran di kalangan investor dan penggemar.

Nilai Bitcoin anjlok lebih dari 7 persen dalam waktu hanya 20 menit, telah jatuh di bawah level US$27.000 pada saat penulisan.

Penurunan tiba-tiba ini merambat ke seluruh ruang kripto, mengarah pada serangkaian likuidasi yang mencapai lebih dari US$800 juta.

Kejatuhan BTC dan ETH 

Nilai kripto utama singkatnya sempat mencapai titik terendahnya di US$25.649 sebelum mengalami sedikit pemulihan.

Penurunan ini sangat berarti karena Bitcoin belum pernah mencapai level itu sejak awal Juni, mengindikasikan fase bergejolak bagi pasar.

Decrypt melaporkan bahwa, guncangan di ruang kripto bertepatan dengan berita besar dari Tiongkok, di mana Grup Evergrande, pengembang properti ternama, mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 15 di New York. Peristiwa ini semakin menambah ketidakpastian dalam pasar.

Secara bersamaan, laporan muncul bahwa SpaceX, yang dipimpin oleh Elon Musk, menurunkan nilai aset Bitcoin sebesar US$373 juta dan menjual dalam jumlah yang tidak dipublikasi.

Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, mengalami penurunan paralel. Nilainya turun hampir 10 persen dalam sehari terakhir.

Penurunan yang signifikan dari level-level sebelumnya membawa Ethereum mencapai titik terendahnya di US$1.576 selama periode bergejolak ini.

Pasar kripto secara umum juga tidak luput dari goncangan ini. Ripple (XRP), Shiba Inu (SHIB) dan Litecoin (LTC) semuanya mengalami kerugian besar, masing-masing turun setidaknya 14 persen dalam sehari terakhir.

Altcoin-altcoin ini telah menunjukkan pergerakan harga yang signifikan ke atas dalam beberapa minggu sebelumnya, membuat penurunan tiba-tiba ini semakin mencolok.

Para analis menghubungkan serangkaian likuidasi dan penurunan di seluruh pasar kepada penurunan harga secara keseluruhan.

Data dari Coinglass mengungkapkan bahwa posisi yang terlalu ter-leverage dilikuidasi, menghasilkan likuidasi senilai US$801 juta segera setelah penurunan harga kripto utama.

Bitcoin baru-baru ini merasakan lonjakan minat dari investor institusional, yang ditandai dengan pengajuan BlackRock untuk ETF spot kripto.

Lonjakan ini mendorong BTC mencapai level tertinggi tahunan di atas US$31.000 per koin. Namun, momentum naik ini bertemu dengan hambatan regulasi.

SEC dinilai lamban dalam menyetujui beberapa aplikasi berprofil tinggi untuk Bitcoin ETF, meninggalkan para investor yang sangat berharap untuk kendaraan investasi tersebut. [st]

 

Didukung Oleh Investing.com
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait