Kenali Modus Penipuan Berkedok Bitcoin

1469

Modus penipuan berkedok Bitcoin kian beragam, Anda pun harus ekstra waspada menghadapinya agar tak menjadi korban.


Seiring kapitalisasi pasar Bitcoin semakin besar dan mencapai miliaran dolar, semakin banyak orang yang tergiur dengan nilainya. Hal ini mengundang kelompok yang baik dan yang berniat jahat, termasuk kriminal yang mencari cuan lewat penipuan.

Penipuan berkedok Bitcoin umumnya menyasar korban yang pemula dan tak memahami seluk-belum Bitcoin. Berikut adalah beberapa modus penipuan Bitcoin yang paling umum dan bagaimana cara menghindarinya.

Bursa Aset Kripto Palsu
Terkadang ada iklan yang mengatasnamakan bursa aset kripto resmi dan terpercaya yang menawarkan Bitcoin dengan harga di bawah pasar. Ini bisa jadi adalah penipuan agar korban mengunjungi bursa palsu itu.

Untuk menghindarinya, periksa situs bursa aset kripto itu, apakah memakai protokol secure socket layer yaitu HTTPS, bukan HTTP biasa. HTTPS berarti situs yang dikunjungi terenkripsi dan aman menghindari teknik peretasan yakni phising.

Modus lain adalah bursa pengisian saldo PayPal dengan pembayaran Bitcoin. Korban diberi QR code untuk mengirim Bitcoin, tetapi saldo PayPalnya tidak pernah tiba. Sebagian besar bursa palsu ini datang dan pergi dengan cepat, lalu muncul kembali dengan nama situs yang berbeda.

BERITA TERKAIT  Dibanding Emas dan Saham, Investasi Bitcoin Lebih Menjanjikan

Untuk memastikan bursa yang dikunjungi asli, selalu periksa nama situsnya. Ketik langsung nama situsnya di address bar dan hindari pemakaian bookmark, sebab bookmark dapat diretas dan diganti dengan nama situs yang mirip, tetapi palsu.

Dompet Bitcoin Palsu
Mengenali dompet Bitcoin palsu lebih sulit dibandingkan bursa palsu, sebab melibatkan peranti lunak yang digunakan. Umumnya, dompet palsu berisi malware yang menginfeksi komputer korban untuk mencuri kata sandi atau private key.

Sama seperti bursa palsu, periksalah situs dompet Bitcoin memakai protokol HTTPS. Periksa nama situs tidak dimirip-miripkan dengan nama dompet Bitcoin yang terverifikasi. Tanya ke anggota komunitas kripto seperti di forum Bitcoin tentang dompet apa yang aman dipakai.

Pakailah dompet Bitcoin yang sudah terkenal dan banyak digunakan. Untuk dompet yang lain, periksa unduhannya memakai pemindai virus sebelum memasangnya di komputer atau ponsel.

Penipuan Phishing
Phishing adalah penipuan yang sering terjadi, yaitu ketika korban ditipu dengan diminta mengunjungi ke situs palsu yang dibuat mirip situs asli. Penipu menghubungi korban melalui surel (e-mail) atau iklan palsu. Ketika korban mengunjungi situs tersebut, malware terpasang di komputer dan mengintip password di komputer.

Selalu berhati-hatilah terhadap informasi yang masuk melalui surel. Korban bisa mendapat surel dari bursa atau dompet yang dipakai, seakan-akan dikirim dari perusahaan asli, tetapi sebetulnya palsu.

Cara menghindari jenis penipuan ini adalah dengan tidak mengklik tautan dalam surel. Langsung kunjungilah situs yang bersangkutan.

BERITA TERKAIT  Altcoin Berpesta! Akankah ini Berlanjut?

Periksa juga apakah tautan menuju ke situs asli atau situs palsu, dan periksa alamat surel pengirim (kendati metode ini tidak 100 persen dapat diandalkan).

Skema Ponzi
Skema Ponzi berbentuk klaim yang berjanji akan menggandakan Bitcoin milik korban dalam jumlah besar dan cepat. Situs Ponzi sulit dikenali, tetapi mudah dipahami jika cara menggandakan Bitcoin adalah dengan mengirimnya ke situs tersebut.

Terkadang ada situs Ponzi umumnya memiliki program referal. Jika seseorang berhasil mengajak korban lain bergabung, maka orang itu mendapatkan komisi. Hal ini menjadi penanda bahaya, terutama saat muncul tautan yang memiliki kode referal di dalamnya.

Cloud Mining
Tidak semua situs cloud mining adalah penipuan. Beberapa di antaranya benar-benar asli, tetapi tak sediki yang palsu. Cloud mining menyewakan hash power (daya komputasi), di mana pengguna menyewa mesin penambang Bitcoin.

BERITA TERKAIT  Warren Buffett: Bitcoin Adalah Alat Judi

Bagi perusahaan asli, model tersebut bisa menguntungkan. Tetapi bagi situs palsu, imbalan yang didapat sangat rendah atau bahkan nihil.

Situs mining palsu bisa datang dan pergi dengan cepat, hilang tanpa mengembalikan modal korban atau sebelum korban sempat melakukan penarikan dana.

Cara mengenali situs mining palsu adalah dengan memeriksa protokol HTTPS dan ada tautan referal atau tidak. Periksa apa mining pool yang digunakan, apakah benar atau palsu. Jika ada indikasi mencurigakan, hindari melakukan penyetoran dana di situs tersebut.

Penipuan Lainnya
Kendati aset kripto merupakan pasar yang relatif baru, metode penipuan yang dipakai kriminal mirip dengan pasar lainnya. Salah satunya adalah metode “Pangeran Nigeria,” di mana seseorang yang mengaku sebagai bangsawan mengklaim sedang bermasalah dan meminta bantuan dana korban.

Korban dijanjikan akan ditransfer aset kripto yang banyak jika membantu sang pangeran mengirim uang keluar dari negara asalnya.

Modus penipuan seperti ini sangat mudah dikenali dan mudah dihindari dengan cara mengabaikan surel yang berisi klaim serupa. [bitcoin.com/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO