spot_img
spot_img

Keren! Twitter Luncurkan Fitur Pembayaran Bitcoin

Twitter resmi meluncurkan fitur pembayaran Bitcoin, per Kamis (23/9/2021). Saat ini masih terbatas untuk iOS. Versi Android akan diperkenalkan dalam beberapa pekan mendatang, termasuk versi web.

Pendiri Twitter, Jack Dorsey ternyata benar-benar mewujudkan ucapannya. Beberapa bulan lalu dia memastikan bahwa Bitcoin adalah bagian dari masa depan baru Twitter.

Dan kemarin, dia menyisipkan fitur pembayaran Bitcoin di media sosial itu. Lewat fitur itu, antar pengguna bisa mengirimkan Bitcoin, termasuk di layanan Spaces di Twitter.

Layanan yang diluncurkan beberapa bulan itu memungkinkan percakapan audio digelar di Twitter.

twitter bitcoin

Fitur pembayaran Bitcoin masih terbatas untuk perangkat bersistem iOS saja.

Untuk versi Android dan web akan diluncurkan dalam beberapa pekan mendatang.

Sebenarnya pembayaran dalam Bitcoin hanya salah satu saja. Pengguna bisa melakukan transfer dolar AS juga.

Pasalnya di sistem Twitter dipadukan sistem pihak ketiga, yakni Bandcamp, Cash App, Chipper, Patreon, Razorpay, Wealthsimple Cash, dan Venmo.

Cash App misalnya sejak lama mendukung kripto di aplikasinya. Lagipula Cash Appp didirikan oleh Dorsey juga lewat perusahaan Square.

“Mulai hari ini, kami meluncurkan fitur Tips kepada semua pengguna Twitter yang menggunakan sistem operasi iOS secara global. Untuk versi Android akan diluncurkan dalam beberapa pekan mendatang,” sebut Esther Crawford, Manager Produk Twitter di blog-nya.

Crawford mengatakan, untuk mengaktifkan fitur ini di sisi pengguna, mereka cukup men-tap icon Tips di sisi kirim tombol Follow, lalu menautkan dengan sejumlah layanan pihak ketiga itu.

Layanan Bitcoin Lightning Network  Khusus warga El Salvador

Fitur tips ini juga memadukan layanan Lightning Network untuk Bitcoin (BTC). Tetapi masih dibatasi bagi pengguna asal El Salvador. Dalam hal ini Twitter menggunakan jasa pihak ketiga, yakni Strike.

Jaringan pembayaran yang diletakkan di atas jaringan blockchain Bitcoin ini memang terbukti hemat biaya dan hemat waktu. Pasalnya biaya transaksi sangat murah, bahkan gratis dan BTC dikirimkan secara instan.

Lightning Network juga dimanfaatkan oleh dompet Bitcoin Chivo, buatan pemerintahan Nayib Bukele, ketika undang-undang Bitcoin berlaku efektif pada 7 September 2021 lalu. [ps]

spot_img

Terkini

spot_img

Terkait