Ketika Bank Sentral Kelak Untungkan Bitcoin dan Emas

Menurut Arthur Hayes, Pendiri bursa kripto BitMex, bank sentral pada akhirnya akan untungkan Bitcoin dan emas karena inflasi.

Di sepanjang tahun 2022, pasar kripto cenderung bergerak bearish karena kebijakan bank sentral yang ketat, terus menaikkan suku bunga yang menekan selera risiko investor.

Pasar kripto dan saham terhantam hebat, yang menciptakan “musim dingin” dan memaksa investor untuk lebih giat menarik uang mereka dari pasar, beralih ke dolar AS.

Namun, karena berbagai tekanan ekonomi, Arthur melihat bahwa itu akan memaksa bank sentral mencetak lebih banyak uang dan menciptakan gelombang inflasi.

IKLAN

Bitcoin dan Emas Akan Diuntungkan

Berdasarkan laporan Crypto Potato, melalui sebuah postingan yang berjudul “Contagion,” Hayes menyoroti kesulitan yang melanda ekonomi global.

Keputusan untuk memperketat kebijakan moneter dari bank sentral membuat segalanya kian sulit, sehingga gelombang inflasi yang tercipta digadang akan untungkan bentuk uang alternatif seperti Bitcoin (BTC) dan emas.

Hayes pun melihat tingkat pengembalian obligasi AS yang telah melonjak ke tingkat yang tidak berkelanjutan di beberapa pasar, tanda ekonomi tidak baik-baik saja.

Selain itu, bank sentral Inggris juga terpaksa kembali ke pelonggaran kuantitatif untuk menekan yield dari obligasi negara. Itu hampir menyebabkan kebangkrutan masal di sektor layanan dana pensiun.

Terlebih, Uni Eropa juga sedang dilanda krisis energi, yang pada akhirnya mengganggu roda perekonomian negara anggotanya, membuat mata uang euro kian lemah terhadap dolar AS. Lagi-lagi, obligasi menjadi jalan keluar.

Saat obligasi menjadi andalan banyak negara, imbal hasil pun akan melesat dan memaksa bank sentral untuk melonggarkan kebijakan kuantitatif ke pasar obligasi secara luas.

Hayes menilai bahwa bank sentral pada akhirnya akan mengibarkan bendera putih untuk menghadapi masalah ekonomi yang melanda.

“Mengingat pasar emas dan kripto jauh lebih kecil dibandingkan triliunan uang kertas yang akan dicetak, dalam mata uang non dolar AS aset ini akan dihargai,” ujar Hayes.

Lanjut dikatakan, Bitcoin juga akan diuntungkan dari upaya gabungan bank-bank sentral lainnya karena peluang arbitrase yang akan muncul di pasar mata uang.

Untuk Bitcoin dan emas, itu adalah daya ungkit hebat yang sangat jelas, namun tidak akan terjadi dalam waktu dekat. [st]

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait