Ketika Stablecoin Ditenagai Lightning Network, Dipadukan dengan Bitcoin

Tether meluncurkan Synonym beberapa waktu lalu, demi mendorong adopsi Bitcoin (BTC) melalui Lightning Network (LN) dan stablecoin. Usaha baru ini mengincar perluasan Bitcoin dengan menggabungkan kecepatan Lightning Network dan arsitektur platform terbuka peer-to-peer.

Synonym Software merupakan perusahaan yang didirikan penerbit stablecoin Tether Holdings Limited. Usaha ini diluncurkan dengan ambisi menghadirkan transaksi BTC ke pengguna mainstream melalui platform finansial yang memanfaatkan LN.

“Adopsi Bitcoin tidak akan terjadi secara begitu saja. Agar hidup di dunia tanpa bank besar, regulasi yang menekan atau perusahaan teknologi yang menguasai kehidupan manusia, kita membutuhkan strategi dan ekosistem yang menggantikan ekonomi lama,” CEO John Carvalho berkata. Di video terbaru dari Tether ini memaparkan sejumlah skenario kripto yang berjalan di LN.

Protokol pertama yang diluncurkan Synonym adalah Slashtags. Slashtags adalah kerangka interoperabilitas bagi jaringan privat yang tidak mengandalkan teknologi blockchain dan bisa dipakai platform apapun untuk koordinasi, privasi dan konsensus.

Synonym juga berencana merilis Blocktank, layanan yang membantu pengguna membeli koneksi di jaringan LN. Hal ini meniadakan kebutuhan pengguna untuk mengikuti proses rumit menciptakan kanal di LN.

Tether berlaku sebagai penerbit stablecoin dan terkenal atas token USDT yang dipatok terhadap dolar AS. Sebab itu, Synonym menandakan arah baru bagi Tether dengan fokus kepada Bitcoin serta LN.

Tether akan terpadu dengan Synonym melalui satu cara penting, yakni USDT akan tersedia di LN melalui produk Blocktank dan dompet mobile perusahaan tersebut. Selain itu, CTO Tether Paolo Ardoino akan berlaku sebagai CTO Synonym. Selain Synonym, ada pula yang sedang giat melakukan hal serupa, yakni Blockstream, perusahaan besutan Adam Back.

Carvalho mengindikasikan kedua perusahaan ini akan memiliki hubungan erat. Ia berkata relasi Synonym dengan Tether berarti Synonym berada pada posisi untuk memadukan semua produk Tether secara strategis dengan Bitcoin.

Stablecoin bertenaga Lightning Network (LN) adalah untuk meningkatkan kegunaan BTC itu sendiri, karena jaringan pembayaran LN ini akan terkoneksi ke blockchain Bitcoin.

Danny Taniwan, pendiri Crypto Watch tahun lalu menjelaskan LN ini sejatinya bukan untuk transaksi Bitcoin super besar, tetapi transaksi sangat kecil (micro payment). Dengan LN, pengguna bisa mengirim Bitcoin dalam waktu kurang dari satu detik, gratis dan privat, karena tidak tercatat di blockchain secara langsung. Namun, final settlement akan tetap tercatatat di blockchain Bitcoin.

Transaksi Bitcoin Secepat Kilat dan Murah Gegara Lightning Network

Selama ini LN praktis digunakan untuk transfer LTC ataupun BTC, seperti luas digunakan juga di El Salvador lewat Chivo. Chivo adalah dompet Bitcoin yang resmi pertama digunakan oleh rakyat El Salvador, didukung oleh Pemerintahan Nayib Bukele.

Kelak, jikalau stablecoin USDT dipadukan lewat LN ini dan dipadukan dengan blockchain Bitcoin, maka pembayaran USDT membantu use case dari BTC itu sendiri. Ini pada muaranya akan meningkatkan permintaan terhadap kripto nomor satu ini. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait