Ketua SEC AS: Terkait Crypto Staking Kami Netral, Tapi Fokus pada Perlindungan Investor

Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat yaitu Gary Gensler berbicara tentang denda pertukaran kripto Kraken senilai hingga US$30 juta, dan masa depan crypto staking di AS.

“Kami netral dari sisi teknologi di SEC, tetapi jelas kami sangat fokus pada perlindungan Amerika dan 330 juta orang Amerika adalah klien kami,” ujar Gensler.

Pendapat Ketua SEC AS Terkait Crypto Staking dan Perlindungan Konsumen 

Ketua Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS, Gary Gensler, membela langkah agensinya untuk melawan pertukaran kripto staking dari Kraken di Squawk Box CNBC Jumat pagi, dengan mengatakan bahwa perlu untuk melindungi publik dari risiko yang dirahasiakan.

“Apa yang Kraken lakukan adalah meminta koin berupa token crypto kepada masyarakat Amerika secara publik, dan mengatakan akan ada pengembalian 4 hingga 21 persen,” ujar Gensler.

IKLAN

“Masalahnya adalah bahwa mereka (Kraken) tidak mengungkapkan kepada publik tentang risiko investasi kepada publik yang berinvestasi,” tambahnya.

Kraken, yang merupakan salah satu bursa kripto terbesar saat ini, didakwa karena gagal mendaftarkan penawaran dan penjualan program staking sebagai salah satu pelayanan aset kripto mereka, dikutip dari Marketwatch.

Para investor menggunakan aset kripto mereka sendiri di platform tersebut dengan imbalan pengembalian investasi tahunan.

Untuk menyelesaikan tuntutan yang diajukan oleh SEC pada Kamis malam (9/2/2023), Kraken akan membayar denda US$30 juta, dan mengatakan akan segera berhenti menawarkan dan menjual sekuritas melalui layanan atau program staking aset kripto.

IKLAN

“Perusahaan seperti Kraken dapat menawarkan kontrak dan skema investasi tapi mereka harus penuh, adil dan terpercaya. Hal ini akan mendukung posisi investor dari sisi keamanan. Dan mereka tidak patuh akan hal tersebut,” ujar Gensler.

“Kami netral di SEC, tetapi kami jelas sangat fokus pada perlindungan Amerika yaitu 330 juta orang Amerika adalah klien kami. Kraken tahu cara mendaftar, perusahaan lain juga tahu cara mendaftar,” ujar Gensler.

“Formulir ini tersedia di situs kami. Kalau mereka mau menawarkan staking, kami netral. Masuk, daftar. Karena investor membutuhkan transparansi. Apa yang Anda lakukan dengan token? Apakah Anda berdagang melawan token, meminjam atau menggunakannya untuk tujuan sendiri?,” tambahnya.

Berita terbaru seputar pelarangan crypto staking di A.S. telah mengakibatkan harga kripto terpukul. Bitcoin bernilai US$21.878,48, turun 3,55 persen selama 24 jam terakhir, menurut data CoinDesk.

Sedangkan Ethereum ETHE, diperdagangkan pada US$1.545,88 atau turun 5,61 persen selama 24 jam terakhir berdasarkan sumber yang sama. Walaupun tujuan SEC akan crypto staking baik. Tapi, ini mempengaruhi harga kripto dengan cepat.

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait