Kiat Menjadi Trader Kripto Andal

Ketika mulai berinvestasi, Anda pasti akan mengenal istilah jangka panjang dan jangka pendek. Hal ini merujuk pada berapa lama investasi yang akan Anda jalankan. Perbedaan jangka waktu investasi memengaruhi besar keuntungan yang diterima. Banyak investor menginginkan keuntungan besar dalam waktu singkat, pilihan mereka pun jatuh pada trading kripto.

Berbeda dari investor yang umumnya berinvestasi dalam jangka waktu panjang, trader kripto menjual dan membeli mata uang kriptonya dalam jangka waktu yang pendek; bisa mingguan, harian, atau bahkan jam dan menit. Hal ini karena trader kripto harus memperhatikan fluktuasi harganya. 

Menjadi seorang trader kripto bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu dipahami ketika Anda memutuskan untuk menjadi trader. Berikut ini adalah beberapa kiat menjadi trader kripto yang andal.

Trader Kripto Andal Perlu Perencanaan yang Matang

Mata uang kripto memiliki risiko yang lebih besar jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Jika Anda salah melangkah, kerugian yang Anda dapatkan bisa sangat besar. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membuat perencanaan yang matang. Perhatikan masa depan dan siapkan rencana jangka panjang untuk meminimalisir kesalahan ketika trading.

Pertimbangkan Tren Pasar

Pasar kripto kerap kali mengalami tren kenaikan atau bullish. Sayangnya, banyak trader yang tidak sadar bahwa setelah kenaikan tersebut, bisa saja ada koreksi atau penurunan beberapa waktu kemudian. Sebelum mengambil tindakan, pastikan Anda mempertimbangkan sentimen dan tren pasar karena hal ini memiliki pengaruh besar pada harga mata uang kripto.

Pahami Analisis Teknikal

Saat Anda melakukan trading, ada satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memprediksi arah pergerakan harga, yaitu dengan analisis teknikal. Analisis ini memperkirakan pergerakan harga berdasarkan struktur dan pola harga di masa lalu. Untuk menjadi trader yang andal, teknik ini haruslah dikuasai, terutama dalam trading kripto. Anda bisa menggunakan beberapa teknik seperti support resistance atau memanfaatkan tools pada grafik.

Sesuaikan Target dengan Kemampuan

Keuntungan dari investasi memang tampak menggiurkan. Namun, jika hanya terlena dengan keuntungan besar, Anda bisa saja melakukan tindakan yang ceroboh pada awal memulai trading. Kegiatan ini membutuhkan kemampuan dan waktu untuk mempelajarinya. Maka dari itu, saat mulai menjadi trader kripto, buat target yang sesuai dengan kemampuan. Selain itu, buatlah skema untuk membeli atau menjual suatu aset kripto.

Pahami Manajemen Risiko

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, trading adalah kegiatan jual beli jangka pendek. Seorang trader perlu mengetahui kapan harus menyudahi transaksi yang untung dan rugi, serta seberapa besar uang yang harus digunakan untuk membeli sebuah aset kripto. Ada baiknya Anda sebagai trader kripto membatasi kerugian dan keuntungan sebelum bertransaksi. 

Dengan membatasi kerugian, Anda sudah mengetahui kapan harus menutup transaksi jika aset kripto mengalami penurunan. Hal yang sama berlaku pula untuk aktivitas membatasi keuntungan. Ketika Anda mencapai angka tertentu yang sudah ditentukan sebelum bertransaksi, Anda tahu kapan akan menutup transaksi untuk menghindari penurunan harga.

Beli dan Jual pada Waktu yang Tepat

Seorang trader harus cermat dalam membaca situasi pasar agar tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual sebuah aset kripto. Bagi pemula, pembelian kripto ketika harga sedang murah sangat dianjurkan, juga menjual ketika harga tinggi. Selain itu, kuasai juga selisih harga dan hal mendetail lainnya mengenai trading kripto. Mengetahui lebih banyak soal perdagangan kripto akan membantu Anda menyusun strategi untuk meningkatkan keuntungan.

Mulailah dengan Risiko Kecil

Bagi trader kripto pemula yang sudah mencicipi keuntungan dari trading kripto, mungkin Anda jadi mendapat dorongan untuk berani mengambil risiko besar.

Namun, pahamilah bahwa bagi pemula, tidak ada jaminan Anda pasti akan mendapatkan keuntungan tinggi ketika mengambil risiko yang besar. Mulailah dari risiko kecil terlebih dulu sambil memperkaya ilmu Anda soal mata uang kripto.

Itu dia beberapa kiat yang bisa Anda lakukan sebagai trader kripto. Perdalam ilmu Anda soal mata uang kripto dan perdagangannya agar bisa menjadi trader yang lebih andal. Selain itu, jangan terlena dengan profit besar dan berhati-hatilah ketika bertransaksi. Pikirkan dengan matang sebelum mengambil keputusan karena fluktuasi harga pada dunia kripto sangat tinggi. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait