Kiprah Roger Ver, Pengusung Bitcoin Cash ABC

132
IKLAN

Ketika harga Bitcoin longsor hebat, pada 20 Desember 2017, Roger Ver mengatakan ini kepada CNBC: “I think insider trading is a non-crime.”

Sosok Roger Ver memang terkenal kontroversial jauh sebelum “kasus” forking Bitcoin Cash (BCH) lalu. Tapi sebelum dan setelah forking, nama Roger Ver menggema tak seperti sebelumnya. Entah itu karena drama perselihan dirinya dengan Craig Wright dan Calvin Ayre memang sengaja dibuat. Entah pula Roger Ver, Jihan Wu, dan Wright terkena karma, gara-gara “bermufakat” melakukan hard fork terhadap Bitcoin yang melahirkan Bitcoin Cash pada 1 Agustus 2017 silam.

Hasil perceraian penyokong Bitcoin Cash akhirnya menghasilkan dua aset baru, yakni Bitcoin Cash Adjustable Blocksize Cap (BCHABC) yang dipimpin oleh Ver dan Bitcoin Cash Satoshi’s Vision (BCHSV) yang dirangkul erat oleh Wright, “mantan sahabat karib” Roger.

Pria tampan bernama lengkap Roger Keith Ver ini lahir pada 27 Januari 1979 di San Jose, sebuah kota kecil di California barat, yang terletak di lembah Santa Clara, yang dikenal sebagai Silicon Valley, pusat ekonomi, politik, teknologi dan kebudayaan di Amerika Serikat (AS).

Pada tahun 1997 hingga 1999, Ver belajar astronomi, ekonomi dan matematika di Deanza College. Pada tahun 1998 ia lulus dari Universitas Stanford dengan spesialisasi di bidang fisika. Ketika kuliah, pada tahun 1999 Roger memulai karirnya dengan mendirikan perusahaan MemoryDealers.com, lapak penjualan barang-barang bekas untuk produk Cisco.

Pada tahun 2002, Ver mengaku bersalah karena menjual bahan peledak di eBay. Dia mengaku terlibat dalam bisnis penjualan bahan peledak tanpa lisensi dari Januari 1999 hingga Agustus 2000. Akibatnya ia dijatuhi hukuman sepuluh bulan penjara di Lompoc Federal Penitentiary.

Mendekam di balik jeruji besi, Roger mulai belajar bahasa Jepang. Selepas menuntaskan hukumannya, dia kemudian hijrah ke Jepang pada tahun 2005. Ia pun menanggalkan status kewarganegaraan AS pada tahun 2014, setelah mendapatkan paspor St. Kitts dan Nevis, sebuah negara dua pulau yang terletak di antara Samudera Atlantik dan Laut Karibia.

Dalam sebuah artikel di Voluntarist.com, Roger Ver mengatakan, setelah saya dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan Lompoc Federal, selama tiga tahun masa percobaan, ia kerap berurusan dengan kebohongan, penghinaan, ancaman dan pelecehan dari Pemerintah AS.

“Saya pindah ke Jepang ketika hukuman saya selesai,” kata Roger.

Pada tahun 2005 Roger mendirikan Agilestar.com, perusahaan yang tergolong ternama di bidang fiber optic transceiver yang digunakan oleh 100 perusahaan terkemuka di seluruh dunia.

Persuaan kali pertama Roger dengan Bitcoin terjadi pada tahun 2011, ketika harganya masih di bawah US$1 dan menjadi salah satu investor paling awal dalam dunia kripto. Dia telah berinvestasi dalam berbagai bisnis terkait Bitcoin dan blockchain termasuk Ripple, Bitcoin.com, Blockchain.com, Bitpay.com, Kraken.com, Purse.io, Shape Shift dan banyak lagi.

Pada tahun 2011, perusahaannya, Memorydealers menjadi bisnis mainstream pertama di dunia yang mulai menerima Bitcoin untuk pembayaran. Roger kemudian menjadi orang pertama di dunia yang mulai berinvestasi di startup Bitcoin.

“Jika Anda peduli tentang kebebasan, prinsip non-agresi atau kebebasan ekonomi, secara umum Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk menggunakan Bitcoin sesering mungkin dalam kehidupan sehari-hari Anda,” kata Roger.

Pada tahun 2012 ia membuat Bitcoinstore.com, situs web pertama yang menawarkan setengah juta barang elektronik untuk dijual menggunakan Bitcoin. Pada tahun yang sama, Roger mendirikan Blockchain.info, dompet Bitcoin paling populer di dunia. Pada tahun 2014, ia membeli nama domain bitcoin.com dengan biaya yang dirahasiakan dan telah mengelola domain itu sejak 2015.

Anda bisa menyebut dirinya seorang filantropis. Itulah sebabnya Roger rela merogoh kocek dan memberikan lebih dari US$1 juta kepada Foundation for Economic Education. Ia juga telah menyumbangkan lebih dari US$100 ribu ke AntiWar.com, situs berita anti perang. Ia juga telah menyumbangkan lebih dari US$250 ribu untuk perang anti narkoba. Pada tahun 2012, Roger menyediakan 10 ribu Bitcoin untuk mendanai Bitcoin Foundation.

Pada tahun 2000, Roger mencoba mencicipi dunia politik. Dia maju sebagai kandidat Libertarian untuk Majelis Negara Bagian California. Tetapi ia kalah. Dalam kampanye politiknya, Roger kerap mengusung isu-isu seputar perpajakan, perang melawan narkoba, dan operasi ATF yaitu biro untuk alkohol, tembakau dan bahan-bahan peledak AS.

“Saya bersumpah bahwa jika saya terpilih, saya tidak akan menerima gaji apa pun, mengingat uang itu pasti diambil dari orang lain secara paksa dalam bentuk pajak. Saya juga berjanji untuk memotong pajak sebanyak mungkin dan mencabut sebanyak mungkin undang-undang,” kata Roger.

Kini di atas ring, “musuh” Roger semakin banyak. Di satu sisi adalah pendukung Bitcoin dan di sisi lain utamanya adalah Craig yang pernah menyebut Roger sebagai pembohong kelas wahid. [jul]

 

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini