Konflik Gemini Versus Genesis dan Dampaknya Terhadap Pasar Crypto yang Baru Saja Mekar Kembali

Baru sebentar pasar crypto menikmati pemulihan, konflik Gemini versus Genesis tampak dapat membawa potensi negatif bagi pasar.

Sejak awal tahun 2023, harga mayoritas aset kripto, termasuk Bitcoin, telah mengalami pemulihan yang cukup baik. Bahkan, harga Bitcoin mampu menguat ke titik sebelum dimulainya skandal FTX, di atas level US$20.000.

Tetapi, di saat reli jangka pendek mulai coba dibentuk karena redanya data inflasi AS, ancaman baru tampak akan datang dari konflik terbaru di industri, antara bursa kripto Gemini versus perusahaan lending kripto Genesis.

Dampak Gemini Versus Genesis 

Berdasarkan laporan Forbes, adanya gugatan dari SEC AS dan masalah di Genesis dapat membuat perusahaan induknya, Digital Currency Group (DCG) harus melepas aset.

IKLAN

Pasca skandal FTX bergulir, Genesis dengan cepat membekukan layanan penarikan pelanggan mereka untuk menghindari kebangkrutan.

Namun, Genesis pun terkena efek domino FTX, membuat perusahaan berutang sekitar US$3 milyar kepada para krediturnya.

Selain itu, SEC AS telah menggugat Genesis karena menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar melalui program yang dijalankan oleh Gemini, serta itu menjanjikan bunga deposito yang tinggi kepada investor.

“Genesis dan Gemini melewati persyaratan pengungkapan yang dirancang untuk melindungi investor,” ujar Ketua SEC AS, Gary Gensler.

IKLAN

Financial Times melaporkan bahwa, akibat konflik Gemini versus Genesis, DCG kini telah mulai menjual beberapa asetnya untuk menebus segala kewajiban dalam tuntutan.

Investor Mengharapkan Pergantian Musim di Pasar Crypto

Sejak terseret crypto winter selama lebih dari 12 bulan, investor mulai mengharapkan pemulihan, bahkan pembalikan pasar crypto di tahun 2023.

Sejak data inflasi AS yang reda dirilis, harapan perlambatan pada kenaikan suku bunga menciptakan pertumbuhan selera risiko yang tinggi. Ini memperkuat dorongan di pasar crypto, termasuk Bitcoin.

“… Kami memperkirakan bear akan berhibernasi dan bull siap untuk berlari. Kita secara teknis masih dalam bear market, tetapi tanda-tandanya adalah peluang bull run mulai mengambil kendali kembali,” ujar Kepala Eksekutif di perusahaan penasihat keuangan deVere Group, Nigel Green.

Nigel, yang juga seorang investor kripto, menilai bahwa inflasi yang mereda akan menjadi dasar yang bagus untuk narasi pergantian musim di pasar kripto, terlepas dari dampak Gemini versus Genesis yang kini menjadi sorotan utama dalam industri. [st]

 

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait