Kripto ETH Menguat 30 Persen Sepekan, Ethereum 2.0 Dipersiapkan September 2022

Seiring pasar kripto mulai menguat kembali setelah melesu selama berpekan-pekan, Ether (ETH) menunjukkan tanda pemulihan kuat.

Aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua tersebut didukung oleh peristiwa merge yang akan dilaksanakan pada pertengahan September menurut jadwal pengembang Ethereum.

Kripto ETH Menguat 

Pada 16 Juli 2022, kanal berita Week in Ethereum News melaporkan, rencana merge untuk mematikan algoritma Proof of Work (PoW) telah ditetapkan pada tanggal 19 September.

PoW menuai kritik disebabkan kekhawatiran dampak lingkungan, skalabilitas dan keamanan. Di sisi lain, blockchain yang memakai Proof of Stake (PoS) dipandang memberikan transaksi lebih cepat, hemat dan efisien.

IKLAN

Peristiwa merge akan menggabungkan mainnet Ethereum dengan sistem Beacon Chain yang memakai PoS. Mainnet Ethereum dapat terus diamankan dengan PoW, sedangkan Beacon Chain berjalan secara simultan memakai PoS.

Akibat berita tersebut, aset kripto ETH terus menguat pada akhir pekan dan memanjat hingga US$1.480 pada 18 Juli. Data CoinMarketCap menunjukkan, ETH meningkat hampir 30 persen dibanding harga tujuh hari sebelumnya.

Menurut platform analisa kripto CryptoRank, penjadwalan merge mengakibatkan penguatan harga ETH dan akumulasi token yang semakin bertambah cepat pada kontrak deposit ETH 2.0.

Dengan peraihan 11 persen dalam satu hari, ETH memberikan performa yang melampaui Bitcoin (BTC). BTC meningkat 4,76 persen dan diperdagangkan pada harga US$22.209, dikutip dari Finbold.

IKLAN

Analis perdagangan kripto dengan pseudonim Rekt Capital berkata, agar ETH bergerak menuju level US$2 ribu, harganya harus menutup di dalam wilayah antara US$1.300 dan US$1.800 dalam grafik mingguan dan mengujicoba level tersebut sebagai support.

Di saat yang sama, pada 18 Juli pedagang kripto profesional dengan akun Twitter CryptoDonAlt menyampaikan analisa bahwa pengumuman merge dapat memberikan dorongan kuat bagi harga ETH.

“US$1.800 adalah area yang menarik bagi grafik harian, tetapi dengan peristiwa merge, sentimen positif baru mulai. Saya akan menyimpan ETH sampai target tercapai atau tidak,” jelas CryptoDonAlt.

Sementara itu, komunitas kripto CoinMarketCap memberikan prediksi pada awal bulan Juli. Dengan total 11.254 suara, komunitas tersebut berkata ETH akan diperdagangkan pada harga rata-rata US$2.529 pada akhir bulan Juli. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait