Lagi-lagi Perusahaan AS Beli Bitcoin Setara Rp1,6 Triliun

1431

Setelah Square dan MicroStrategy, ada satu perusahaan besar lagi yang membeli Bitcoin sebagai bagian dari investasinya. Mereka mengaku sudah membeli 10.000 BTC yang sekarang sudah bernilai setara Rp1,6 triliun.

Perusahaan itu bernama Stone Ridge yang memiliki anak perusahaan, New York Digital Investment Group (NYDIG) yang fokus pada layanan kustodian aset kripto. Pembelian itu dilakukan oleh NYDIG untuk Stone Ridge.

Menurut pihak Stone Ridge, mereka memutuskan membeli 10.000 BTC sebagai bagian dari strategi cadangan keuangannya. Perusahaan ini memilih menyimpan aset tersebut di anak perusahaan NYDIG yang kini lebih terang benderang kepada publik.

“Kami memulai NYDIG pada tahun 2017, sebab Bitcoin merupakan akseleran bagi misi Stone Ridge untuk mencapai keamanan keuangan bagi semua orang,” jelas Ross Stevens, pendiri Stone Ridge dan kepala pimpinan NYDIG.

Stevens melihat Bitcoin sebagai kekuatan penyatu tanpa batas yang baik. Bitcoin dapat mendorong warga global untuk memilih masa depan keuangan yang lebih cerah dan adil. Ia menambahkan, 10.000 BTC milik mereka adalah komponen utama aset milik Ridge Stone.

Bos MicroStrategy: Bitcoin Lebih Baik Daripada Dolar

Alasan Stone Ridge mengalokasikan dana ke Bitcoin tidak berbeda dengan MicroStrategy dan Square, dua perusahaan yang baru-baru ini mengumumkan mereka menaruh dana ke Bitcoin. Michael Saylor, CEO MicroStrategy, lebih memilih menyimpan Bitcoin dibanding uang fiat yang nilainya kian tergerus.

“Dari perspektif investasi, kami telah lama memandang Bitcoin lebih unggul daripada uang fiat. Neraca Bank Sentral AS meningkat US$3 triliun sejak awal tahun 2019. Dolar AS juga telah terdepresiasi 70 persen terhadap Bitcoin,” papar Stevens.

NYDIG mengelola sekitar US$125 juta aset dari Stone Ridge, dan total US$1 miliar total aset kripto bagi seluruh kliennya. Menurut Forbes, dua dana terbesar yang dikelola NYDIG adalah milik Institutional Bitcoin Fund LP senilai US$190 juta dan Bitcoin Yield Enhancement Fund LP senilai US$140 juta. Dalam 10 bulan terakhir, jumlah klien NYDIG bertambah empat kali lipat.

Analis JP Morgan: Square Mungkin Akan Beli Bitcoin Lagi, Diikuti Perusahaan Lain

Pengumuman tersebut menyusul penggalangan dana untuk pertumbuhan ekuitas senilai US$50 juta oleh NYDIG yang diperoleh dari beragam perusahaan layanan keuangan.

BERITA TERKAIT  Mantra Aji Blockchain

“Seiring Bitcoin transisi ke aset yang sebagian besar dimiliki institusi, NYDIG berada pada posisi yang bagus untuk menjadi penyedia solusi Bitcoin bagi korporasi, institusi dan perbankan,” jelas Robert Gutmann, co-founder dan CEO NYDIG.

Ia menambahkan perusahaan itu melihat ada pertumbuhan permintaan bagi solusi investasi dan perbendaharaan korporat yang ditawarkan NYDIG. [decrypt.co/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO