BitPay mengumumkan marketplace emas digital dan logam mulia OneGold kini menerima Bitcoin dan Bitcoin Cash sebagai bentuk pembayaran, CNN melansir.

OneGold, yang didirikan perusahaan penjual logam mulia APMEX dan manajer aset alternatif Sprott, fokus memberikan investor pilihan untuk menggabungkan manfaat utama dari emas dan perak fisik dengan manfaat aset digital berbasis blockchain.

CEO OneGold Ken Lewis berkata menambahkan Bitcoin dan Bitcoin Cash sebagai pilihan alat pembayaran meningkatkan transparansi dan efisiensi. Ia memrediksi adanya pilihan tersebut akan menuai respon positif dari sejumlah besar pembeli kripto di pasar internasional di mana penggunaan kartu kredit tidaklah selalu praktis.

Melalui rilis pers, COO BitPay Sonny Singh berkata uang kripto adalah metode pembayaran ideal bagi e-commerce dan logam mulia, sebab pemakaian kartu kredit mengandung resiko penipuan dan pencurian identitas. Singh menyorot persoalan tagihan balik yang merugikan penjual sebanyak US$19 miliar tahun lalu.

BERITA TERKAIT  Investor Besar Beli Kripto Lewat “Pintu Belakang”

Uang kripto diusung oleh sebagian orang sebagai solusi terhadap isu-isu tersebut, sebab setiap transaksi direkam dan disimpan dalam blockchain tanpa mengandung informasi pribadi yang sensitif.

Selain OneGold, JM Bullion termasuk perusahaan logam mulia yang menerima kripto. Pada Maret 2016, JM Bullion berkata pelanggannya dapat memakai Bitcoin untuk membeli emas dan perak melalui BitPay. Pembayaran dengan Bitcoin juga melindungi pelanggan terhadap tagihan balik serta biaya pemrosesan kartu kredit yang mahal.

Saat itu, perusahaan penjual logam mulia tersebut memberikan diskon empat persen kepada pelanggan yang memakai kripto sebagai alat pembayaran. Di sisi lain, pemakai kripto terkena jumlah pembelian minimum yang lebih tinggi dibanding pengguna kartu kredit, tetapi lebih rendah dibanding pelanggan yang memakai transfer bank atau membayar dengan cek.

BERITA TERKAIT  Potensi JPM Coin Buatan JPMorgan Bisa Besar Kalau...

OneGold memberikan pilihan bagi pelanggan untuk membayar memakai fiat, kripto atau gabungan keduanya. Perusahaan ini juga terlindungi dari volatilitas harga Bitcoin melalui BitPay. Semua logam mulia digital yang dijual melalui OneGold dialokasikan ke logam mulia fisik yang disimpan di Royal Canadian Mint.

Langkah teranyar BitPay ini menyusul jejak sejumlah aktivitas lain perusahaan tersebut selama beberapa pekan lalu. Bulan lalu, BitPay berkata mereka mendukung kubu Bitcoin Cash ABC di peristiwa hard fork Bitcoin Cash. Keputusan ini berarti BitPay bergabung dengan pemimpin industri seperti Coinbase dan Binance yang mendukung kubu ABC.

Pada November, dalam wawancara kepada Bloomberg, COO Sonny Singh mengutarakan optimismenya bahwa 2019 akan menjadi tahun yang bagus bagi pasar kripto.

BERITA TERKAIT  Tanda Tangan Petisi "Bebaskan Siti Fadilah Supari" Hilang, Blockchain Jadi Solusi

Ia menyampaikan kepercayaan pasar kripto akan mulai berbalik arah di semester pertama tahun depan, ketika perusahaan-perusahaan besar seperti Fidelity dan Intercontinental Exchange mulai meluncurkan produk kriptonya. Ia juga berspekulasi bahwa penyetujuan Bitcoin ETF pertama, bila benar terjadi, akan menyebabkan harga Bitcoin melonjak tajam di semester kedua 2019. [ed]

 

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO