Indodax, bursa jual beli aset digital terbesar di Indonesia sejak akhir Agustus lalu me-listing USDT. Ini adalah salah satu token besutan Tether Ltd yang berbasis di Hong Kong. Nilai satu USDT setara dengan satu dollar AS.

Oscar Darmawan, CEO Indodax mengatakan tren ke depan akan semakin banyak token yang berbasiskan aset, seperti emas, timah, atau komoditas-komoditas lainnya. Karena itulah, pihaknya me-listing USDT.

“Itu bagian dari percobaan kami untuk melihat bagaimana ketertarikan masyarakat pada token yang sifatnya bukan murni spekulatif seperti Bitcoin, tetapi lebih kepada asset-based,” ujar Oscar, Selasa (25/9).

Oscar mengatakan berdasarkan pantauan selama satu bulan USDT terdaftar di Indodax, respons masyarakat sebenarnya cukup bagus. Hanya saja, volume transaksinya belum bisa mengalahkan kripto seperti bitcoin.

“Daya tarik bitcoin sendiri kan justru dari nilainya yang naik turun cukup fulutuatif,” ujarnya.

Tahun ini, sejumlah perusahaan blockchain ramai-ramai menerbitkan stablecoin. Terbaru, pada 21 September lalu, Bit Trade sebuah perusahaan exchange kripto di Australia mengumumkan kemitraannya dengan Emparta untuk menerbitkan stablecoin yang berpatokan pada dollar Australia.

Menurut Jonathon Miller, Direktur Pelaksana Bit Trade mengatakan kehadiran stablecoin akan memecahkan salah satu persoalan utama pada pasar kripto yaitu volatilitas.

“Kami percaya stablecoin akan meningkatkan kepercayaan, mempercepat adopsi yang lebih luas dan dapat berfungsi sebagai tulang punggung aplikasi finansial berbasis blockchain khususnya di Australia yang telah memberikan iklim regulasi yang baik,” ujarnya seperti dikutip dari laman Bit Trade.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan blockchain di Amerika Serikat pada September ini mengumumkan penerbitkan stablecoin berbasiskan Dollar seperti CarbonUSD dari Carbon, Dollar Gemini yang diluncurkan perusahaan exchange Gemini dan Paxos Standard dari Paxos.

Untuk diketahui stablecoin adalah kripto yang nilainya mengacu pada uang fiat tertentu dengan rasio 1:1. Artinya, satu unit stablecoin sama dengan satu uang fiat yang menjadi acuannya. [jul]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO