Mampukah Bitcoin Sentuh US$21 Ribu Sebelum Rapat FOMC?

Menanti rapat FOMC yang kian dekat, investor diliputi kekhawatiran karena adanya ekspektasi pasar akan kenaikan suku bunga, lagi.

Pada saat penulisan, harga BTC masih bertahan untuk tetap berada di atas, atau di kisaran level US$20.500, yang menjadi titik harapan terdekat investor untuk membangun pijakan.

Indeks Fear and Greed 

Minggu kemarin, Bitcoin dan aset kripto utama mendapatkan kembali daya tarik, bergerak naik hingga mengangkat total kapitalisasi pasar kripto kembali di atas US$1 triliun.

Tanda decoupling Bitcoin dan pasar saham teknologi AS juga tampak terlihat saat harga BTC yang pulih di saat saham teknologi seperti Meta Inc. dan Amazon ambruk.

IKLAN

Berdasarkan laporan Crypto News, indeks yang mengukur keserakahan (greed) dan ketakutan (fear) pasar saat ini menunjuk tanda fear dengan poin 30.

Bitcoin FOMC

Dari data di atas, ada peningkatan poin fear dibandingkan kemarin, namun kini telah mereda dibandingkan satu minggu dan satu bulan lalu.

Meredanya poin indeks fear dibandingkan satu bulan lalu menandakan adanya peluang pembalikan tren menjadi bullish. Mengapa? Itu karena semakin rendah rasa takut, semakin tinggi aksi beli yang masuk ke pasar kripto.

Mampukah Bitcoin Naik Lagi Sebelum Rapat FOMC?

Kini, investor menantikan hasil rapat bank sentral (FOMC), yang menjadi penentu nasib harga Bitcoin selanjutnya. Biasanya, FOMC mempengaruhi selera risiko investor.

Sepekan terakhir, harga BTC telah bergerak naik, tanda kepercayaan diri jangka pendek mulai terbangun di antara investor kripto.

Namun, investor saat ini tengah mengantisipasi kenaikan suku bunga 75 basis poin (bp), yang tentu dapat membawa gejolak baru di pasar aset berisiko.

Melihat analisis teknikal, pasar mencoba melihat mampukah Bitcoin mencapai US$21.000, yang merupakan level psikologis, sebelum FOMC dimulai.

Harga BTC

Berdasarkan grafik di atas, harga BTC berada dalam pola raising wedge, yang dapat membawanya bergerak naik melampaui US$21.000.

Tetapi, pola tersebut biasanya akan mendorong kejatuhan, atau koreksi, bagi harga aset begitu mencapai puncak pola, sehingga investor perlu berhati-hati. Kebijakan The Fed terkait suku bunga menjadi kunci.

U Today melaporkan bahwa, harga BTC berhasil ditutup hijau di bulan Oktober, menghadirkan meme “Uptober” yang viral, tanda investor yang mencoba membangun harapan.

Setelah meme “Uptober”, kini investor kembali meningkatkan kepercayaan diri dengan menghadirkan meme “Moonvember,” menjadi harapan berlanjutnya reli di pasar kripto. [st]

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait