Mampukah Shiba Inu (SHIB) Kinclong Lagi Seperti Tahun Lalu

Shiba Inu (SHIB) menjadi pusat perhatian tahun lalu dikarenakan performa yang memukau. Aset kripto baru itu meroket 45 juta persen. Tetapi setelah itu SHIB kehilangan momentum dan merosot 42 persen bersama dengan pasar kripto.

SHIB adalah aset kripto favorit karena harganya yang diperdagangkan pada bilangan US$0,00002. Harga ini menjadikan SHIB mudah diakses oleh kalangan luas investor. Seorang investor yang membeli US$1 mendapat ribuan token SHIB.

Pendukung loyal Shiba Inu yang bernama Shib Army berperan dalam performa aset kripto itu. Mereka membeli dan memakai SHIB serta membantu menyebarkan berita secara aktif melalui platform media sosial.

Selain itu, memecoin populer tersebut menarik minat investor ketika mulai meroket tahun lalu. Sebagian investor takut melewatkan kesempatan besar. Bagi investor tertentu, SHIB menjadi kemenangan besar.

Tetapi bagi mayoritas investor SHIB, kondisi kini tampak suram. 56 persen pemilik SHIB berada pada posisi merugi menurut data Into The Block.

Kini, para investor SHIB bertanya apakah penurunan tersebut akibat kelesuan pasar dan apakah SHIB mampu bangkit serta kembali kinclong seperti tahun lalu. Ada sejumlah katalis yang dapat mendorong harga SHIB menanjak lagi di tahun 2022.

Menurut Nasdaq, katalis pertama adalah tim Shiba Inu mengembangkan solusi layer-2 bernama Shibarium. Ini berarti token SHIB akan bermigrasi dari blockchain Ethereum menuju blockchain baru tersebut.

Tujuan layer-2 adalah menghindari kemacetan dan biaya transaksi tinggi yang terjadi di Ethereum. Shibarium direncanakan meluncur tahun ini.

Katalis kedua adalah Shiba Inu memasuki metaverse. Tim Shiba Inu berkata akan mulai menjual lahan virtual di metaverse buatannya dalam waktu dekat.

Kendati sektor metaverse sudah memiliki pemain besar seperti Sandbox, sektor ini masih awal dan pemain baru dapat masuk untuk turut bersaing.

Shibarium dan metaverse dapat mendongkrak SHIB. Tetapi apakah SHIB mampu mengulangi performa memukau seperti di tahun lalu?

Berdasarkan perhitungan matematika, bila Shiba Inu mencapai nilai US$1, maka itu berarti peningkatan sebesar 4 juta persen. Mengingat suplai SHIB adalah 549 triliun, maka kapitalisasi pasar SHIB akan bernilai US$549 triliun.

Angka tersebut lebih besar dari seluruh pasar aset kripto, sehingga mustahil terjadi. Peningkatan 45 juta persen lebih tidak memungkinkan. Artinya, SHIB tidak akan mengulangi kejayaan pada tahun 2021. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait