Dilansir dari Wall Street Journal, Michael Barr mantan Direksi Anggota Dewan Penasihat Ripple, yang menerbitkan aset kripto XRP berpotensi menjadi Kepala Pengawas Keuangan AS (OCC) berikutnya.

Laporan tersebut mengutip sumber orang dalam yang menduga Presiden Biden akan menominasi mantan pejabat Departemen Keuangan, Michael Barr, ke posisi yang mengawasi bank nasional tersebut.

Posisi Pengawas Keuangan bertindak sebagai administrator sistem perbankan federal serta merupakan ketua kantor OCC. Jabatan ini adalah salah satu yang terkuat sebagai regulator perbankan, selain CFTC dan SEC. OCC sendiri berada di bawah naungan Kementerian Keuangan AS.

Pengawas tersebut memantau ratusan pengawas yang ditugaskan di dalam lembaga keuangan AS, sehingga orang yang menduduki posisi ini adalah salah satu regulator terkuat bagi bank.

BERITA TERKAIT  Bersiaplah! Blockchain.com Akan Hentikan Perdagangan XRP

Keputusan resmi belum ditentukan dan Wall Street Journal belum memverifikasi berita ini dengan komentar dari Gedung Putih, Departemen Keuangan atau Barr sendiri.

Ripple Tuding SEC Rugikan Investor XRP dan Komunitas Aset Kripto

Jika disetujui, maka Barr akan menjadi orang kedua yang memiliki pengalaman di sektor aset kripto dalam posisi tersebut setelah mantan eksekutif Coinbase Brian Brooks yang turun dari jabatan itu pekan lalu, setelah delapan bulan berlaku sebagai pengawas keuangan di bawah pemerintahan Trump.

Barr ditunjuk sebagai Anggota Dewan Penasihat Ripple Labs pada tahun 2015 silam. Saat itu, ia berminat mendorong inovasi di sektor pembayaran.

“Sistem pembayaran global kami sangat usang. Saya pikir inovasi pembayaran bisa membantu membuat sistem keuangan lebih aman, mengurangi biaya dan memperbaiki akses serta efisiensi bagi konsumen dan usaha,” jelas Barr kala itu.

BERITA TERKAIT  Kandidat Presiden AS Ini Janji Dukung Bitcoin

Tim Presiden Biden juga mempertimbangkan profesor hukum Universitas California, Mehrsa Baradaran, untuk posisi ini.

Reuters: Gary Gensler Akan Pimpin SEC Amerika Serikat, Bagaimana Nasib XRP?

Pemerintahan Biden juga melirik pendukung blockchain dan aset kripto Gary Gensler sebagai kandidat untuk memimpin Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC).

Mantan ketua Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka (CFTC) itu dikenal lebih positif terhadap sektor desentralisasi dan digitalisasi keuangan dibandingkan pejabat sebelumnya.

Di bawah kepempimpinan Brian Brooks, OCC juga dikenal “ramah” terhadap penerapan aset kripto di ranah perbankan AS. OCC mempertimbangkan memberikan lampu hijau kepada bank untuk menawarkan layanan kustodian aset kripto, termasuk sebagai simpul (node) jaringan pembayaran menggunakan stablecoin. [cointelegraph.com/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO