Mantap! Bitcoin Menguat 8 Persen Selama Sepekan, Tapi Tetap Waspada

478

Mantap! Bitcoin jelas menguat hingga 8 persen selama sepekan terakhir. Total kapitalisasi pasar seluruh aset kripto pun bertambah US$10 miliar hari ini.

Kondisi itu tergolong bagus, karena tren naik kapitalisasi pasar telah melonjak US$26 miliar sejak pekan lalu.

Ketika artikel ini disusun, Bitcoin kini diperdagangkan di harga US$11.500 per BTC, pertama kalinya sejak Agustus 2020. Dalam satu hari Bitcoin sempat naik 2 persen dan dalam tahun ini ia telah meningkat 40 persen, berdasarkan data Coinmarketcap.

Kendati harga Bitcoin terus tertekan sepanjang September, para bear tidak berhasil memadamkan sentimen bullish yang dialami Bitcoin sejak Maret 2020, meski di tengah panik pasar akibat pandemi COVID-19 yang menyebabkan harga-harga beruntuhan di seluruh dunia.

Sejak Maret 2020, Bitcoin berada dalam rentang perdagangan yang bullish dan kuat. Jika tren ini terus berlanjut, Bitcoin diharapkan bisa menyentuh harga tertinggi baru di pertengahan 2021, selama faktor-faktor lain terus mendukung.

Peristiwa apa saja bisa membuat aset volatil ini berbalik arah, termasuk hasil pemilihan presiden AS pada November mendatang.

BERITA TERKAIT  Saran Analis: Lanjut "Beli Cicil" Bitcoin

Sebagai contoh, berita perusahaan Square besutan Jack Dorsey yang menanamkan modal US$50 juta untuk membeli Bitcoin, menjadi salah satu faktor yang menopang harganya.

Investor dan trader disarankan tetap ekstra hati-hati. Jikalau mengacu pada hasil kajian Santiment, menunjukkan beragam spekulan sedang mencari peluang untuk menjual (short) Bitcoin.

Penelusuran untuk posisi short mencapai titik tertinggi dalam dua bulan terakhir di kanal-kanal perbincangan aset kripto. [decrypt.co/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO