Mantul! Naik Angkot di Argentina Pakai Bitcoin

92
IKLAN

Sistem transportasi publik di Argentina kini menerima Bitcoin sebagai pembayaran. Pengguna kendaraan umum di 37 wilayah di negara Amerika Selatan tersebut bisa top up dalam bentuk Bitcoin ke kartu transportasi mereka yang bernama SUBE.

Pembayaran Bitcoin diintegrasikan ke kartu SUBE melalui kerjasama dengan perusahaan fintech lokal Bitex dan Alto Viaje, sebuah perusahaan lokal layanan pengisian ulang kartu transportasi.

Berkomentar soal penambahan Bitcoin sebagai opsi pembayaran, Manuel Beaudroit, Chief Marketing Officer Bitex mengatakan, mereka percaya proyek semacam ini sangat penting, sebab menghadirkan teknologi disruptif seperti Bitcoin bagi masyarakat umum, dan memperlihatkan nilai nyata serta kegunaannya dalam kegiatan sehari-hari.

Kanal berita Spanyol Cripto247 mengabarkan, kartu SUBE bisa diisi ulang dengan kredit di sejumlah lokasi, termasuk semua stasiun yang mendukungnya, beberapa kios yang memiliki terminal komputer dan toko lotre nasional. Untuk menemukan point-of-sale terdekat, situs SUBE menyediakan peta yang menunjukkan lokasi semua vendor SUBE.

Bitex memiliki peran sebagai penyedia infrastruktur pembayaran, termasuk integrasi API, yang dibutuhkan organisasi-organisasi agar bisa menerima pembayaran dalam Bitcoin dari pelanggan.

Dengan layanan Alto Viaje proses pengisian kartu dapat lebih nyaman dilakukan. Sebelum ada pembayaran dengan Bitcoin, pengguna kartu SUBE hanya bisa membayar menggunakan PayPal. Selain mendukung transaksi Bitcoin, Alto Viaje berencana untuk bekerjasama dengan layanan pembayaran lokal RapiPago agar dapat menawarkan lebih banyak pilihan pembayaran bagi pemilik kartu SUBE.

Direktur Alto Viaje Luciano Verardo menjelaskan bagaimana kemitraan dengan Bitex memungkinkan pengisian Bitcoin lebih aman.

“Kami ingin menawarkan layanan yang inovatif dan aman. Aliansi dengan Bitex membantu kami mengintegrasikan pembayaran memakai Bitcoin dan menjajaki peluang-peluang inklusi finansial baru,” katanya.

Saat ini, Argentina sedang terlilit oleh krisis keuangan yang menyebabkan tingkat inflasi sangat tinggi. Disebabkan runtuhnya kepercayaan terhadap sistem keuangan negara itu, banyak warga Argentina mulai menggunakan Bitcoin dan kripto lain sebagai alat pertukaran atau sebagai kelas aset untuk membantu mendiversifikasi portofolio investasi mereka.

Volume perdagangan peer-to-peer di bursa kripto LocalBitcoins telah meningkat selama beberapa bulan terakhir, dan sejumlah ATM Bitcoin sudah dipasang di beberapa titik di Argentina. CryptoGlobe melaporkan pada Desember tahun lalu, 8 ATM kripto baru didirikan di beberapa lokasi di Argentina oleh perusahaan Athena Bitcoin. Sebagian besar ATM Bitcoin bisa ditemukan di ibukota Argentina, Buenos Aires.

Penambahan pilihan pembayaran Bitcoin ke kartu SUBE mungkin merupakan langkah yang kecil bagi Bitcoin, tetapi merupakan kemajuan yang besar bagi adopsi kripto. Integrasi Bitcoin dan pembayaran kripto untuk beragam produk dan layanan bukanlah hal baru.

Namun, integrasi Bitcoin ke kartu SUBE memperkenalkan kripto tersebut ke penumpang kendaraan umum yang terdiri dari beraneka orang dan latar belakang. Hal ini menjadi publisitas tinggi bagi Bitcoin dan sebuah dorongan yang serius menuju adopsi massal. [cryptoglobe.com/ed]

 

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini