Mark Cuban: Dogecoin Lebih Baik Daripada Cardano (ADA)

Investor milyarder dan Pemilik Dallas Mavericks, Mark Cuban, berkata Dogecoin (DOGE) lebih baik daripada Cardano (ADA). DOGE merupakan aset kripto meme yang sangat popular, sedangkan ADA adalah blockchain Proof of Stake yang memiliki beragam aplikasi.

Menurut Cuban, kapitalisasi pasar terkait erat dengan valuasi relatif aset kripto. Kapitalisasi pasar tinggi berarti aset kripto tersebut bernilai.

Dogecoin Lebih Baik dari Cardano (ADA)?

Nasdaq melaporkan, ADA memiliki kapitalisasi pasar US$18 milyar, hampir dua kali lipat kapitalisasi pasar DOGE yang berada di bilangan US$9,4 milyar. Hal ini berarti ADA lebih bernilai dibanding DOGE.

Kendati DOGE memiliki kapitalisasi pasar lebih rendah, Cuban berkata tolok ukur tersebut mudah dimanipulasi. Pengembang dapat menerapkan sejumlah langkah demi mendongkrak nilai kapitalisasi pasar.

IKLAN

Sebagai seorang investor tenar di acara televisi Shark Tank, Cuban melihat blockchain sebagai bisnis. Ia mencari bukti bahwa blockchain tertentu benar-benar menciptakan nilai bagi penggunanya.

Hal tersebut dapat berupa penghasilan, aplikasi baru yang dipakai pengguna, atau jumlah transaksi yang dialami oleh blockchain tertentu.

Soal Cardano, Cuban tidak melihat penciptaan nilai di blockchain tersebut. Menurut Cuban, Cardano tidak menghasilkan keuntungan sehingga ia tidak tertarik berinvestasi ke koin aslinya, ADA.

Kendati demikian, Cardano menambahkan fungsi smart contract pada bulan September 2021. Sejak itu, telah ada ratusan proyek dan aplikasi desentralistik berbeda yang dibangun di atas Cardano, termasuk NFT, metaverse dan DeFi.

IKLAN

Cuban menggunakan pola pikir pemodal ventura untuk membandingkan DOGE dan ADA. Pemodal ventura menilai perusahaan berdasarkan potensi di masa depan.

Menurut Cuban, DOGE memiliki masa depan lebih menjanjikan dibanding ADA. Ia berkata, DOGE memiliki potensi aplikasi lebih banyak dibanding ADA.

Dogecoin merilis rencana pada akhir tahun 2021, tetapi belum ada tanggal pasti untuk mencapai target-target yang ditetapkan. Selain itu, Dogecoin masih memakai Proof of Work yang dipandang berbahaya bagi lingkungan.

Di sisi lain, Cardano menjalankan Proof of Stake dan akan melakukan pembaruan teknologi dalam waktu dekat. Dalam hal ini, Cardano terlihat lebih unggul dibanding Dogecoin.

IKLAN

Cuban mengakui harga DOGE terkait erat dengan sentimen dari komunitas investor sehingga bersifat sangat spekulatif. Sementara Cardano memiliki rencana pengembangan yang jelas kendati memakan waktu yang lama. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait