spot_img
spot_img

Mark Cuban, Si Pembela Dogecoin, Enggan Beli ETF Bitcoin Berjangka

Mark Cuban, investor kripto dan pemilik tim NBA Dallas Mavericks sekaligus si pembela Dogecoin (DOGE), mengaku enggan membeli ETF Bitcoin Berjangka yang kelak diperdagangkan di bursa efek di AS.

Bintang acara Shark Tank tersebut tidak menemukan alasan untuk membeli ETF Bitcoin Berjangka, sebab ia bisa membeli Bitcoin aslinya secara langsung di spot market.

Perdagangan ETF Bitcoin adalah yang paling dinanti-nanti oleh komunitas kripto sejak 2013.

Kendati Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) belum menyetujui produk investasi itu, ETF Bitcoin Berjangka pertama di AS itu diperkirakan akan mulai diperdagangkan hari ini, Senin (18/10/2021). Salah satunya adalah produk besutan Proshares.

TradingView Chart
Harga Bitcoin terkini. Sumber: TradingView.com.

Cuban tidak berniat berinvestasi di Bitcoin ETF maupun Bitcoin ETF berjangka ketika diresmikan di bursa AS. Dalam wawancara dengan CNBC pada Jumat (15/10/2021), ketika ditanya apakah Cuban akan membeli Bitcoin ETF, ia tegas menjawab tidak.

“Tidak, saya bisa membeli Bitcoin secara langsung,” jawab Cuban.

Cuban telah aktif di sektor kripto selama setahun terakhir. Ia menyebut Bitcoin sebagai aset yang lebih baik dibanding emas dikarenakan kelangkaan algoritmisnya. Selain itu, ia memandang BTC sebagai alat simpan nilai tetapi bukan alat tukar.

“Sebab itu, saya memiliki Bitcoin dan belum pernah menjualnya,” jelas Cuban.

Pemilik tim bola basket itu mengungkap ia turut berinvestasi di aset kripto lain, termasuk Ether (ETH) dan Dogecoin (DOGE).

Cuban juga dikenal mengoleksi NFT dan berinvestasi di sejumlah platform jual beli NFT.

Cuban dan CEO Tesla Elon Musk sama-sama melihat Dogecoin sebagai aset kripto terkuat yang bermanfaat sebagai alat tukar untuk transaksi dan pembayaran.

Soal regulasi kripto, Cuban meyakini peraturan saat ini tidak jelas. Ia mengkritik SEC (Komisi Bursa dan Sekuritas), AS yang mengambil jalur penegakan hukum tegas untuk mengatur industri kripto.

Menurut Cuban, permasalahannya bukan akibat pengguna yang mencari celah hukum, melainkan tidak adanya peraturan yang ditetapkan jelas.

Regulasi melalui tuntutan hukum menjadi momok bagi pengguna yang tidak mampu menyewa pengacara, akuntan atau penasihat.

Apa Itu ETF Bitcoin?

Bitcoin ETF (Exchange-traded fund) adalah instrumen investasi yang melacak kinerja satu atau kelompok aset yang diperdagangkan di bursa efek.

Dalam hal ini adalah BTC di pasar spot ataupun berjangka (derivatif). Instrumen ini dapat membantu investor melakukan diversifikasi tanpa perlu memiliki aset underlying aslinya. Produk ETF untuk kelas aset baru yang mungkin diperdagangankan hari ini adalah Bitcoin Berjangka di CME, bukan Bitcoin di spot market.

Indeks Bitcoin Berjangka di CME. Sumber: Investing.

ETF Bitcoin Berjangka memberikan investor akses terhadap pasar kripto tanpa perlu menyimpan kripto asli.

Tetapi, Todd Rosenbluth, Direktur Riset Reksadana dan ETF di CFRA, menjelaskan harga ETF tidak akan menyamai harga Bitcoin.

Sebab itu, Bitcoin ETF berjangka lebih baik untuk investasi jangka pendek dibanding strategi investasi beli dan simpan untuk jangka panjang. [news.bitcoin.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait