Mark Zuckerberg: Instagram Akan Terapkan NFT

Mark Zuckerberg, Bos perusahaan Meta Platform (sebelumnya Facebook) memastikan bahwa Instagram akan menerapkan NFT alias non-fungible token. Kelak juga dipadukan di metaverse milik mereka. Ini menjawab kabar serupa sebelumnya pada Januari 2022.

Berbicara di ajang SXSW (South by Southwest) beberapa waktu lalu, Mark Zuckerberg mengkonfirmasi bahwa sejumlah digital collection bertenaga NFT akan tiba di Instagram dalam waktu dekat.

“Kami sedang bekerja untuk membawa NFT ke Instagram dalam waktu dekat,” katanya, dilansir dari Engadget, Selasa (15/3/2022).

Dia memang tidak merinci persis bagaimana itu akan diwujudkan, tetapi ia berpendapat, bahwa kelak pengguna dapat memamerkan NFT mereka yang ada dan berpotensi membuat yang baru.

“Saya belum siap untuk mengumumkan dengan tepat apa dan bagaimana NFT itu diterapkan. Tetapi selama beberapa bulan ke depan, kami untuk membawa beberapa NFT kepada Anda dan hal lain terkait itu,” jawab Zuckerberg.

Pada Januari 2022 lalu, Zuckerberg dan eksekutif lainnya sebenarnya telah menyatakan minatnya pada NFT. Petinggi Instagram, Adam Mosseri misalnya mengatakan, bahwa perusahaan tersebut secara aktif mengeksplorasi teknologi tersebut.

Kemudian, Financial Times menyebut, bahwa perusahaan berharap untuk menambahkan NFT ke dalam dompet kripto Novi.

Zuckerberg juga mengatakan bahwa NFT suatu hari nanti dapat memainkan peran dalam produk metaverse besutan Meta Platform.

“Saya harap Anda tahu, bahwa pakaian yang dikenakan avatar Anda di metaverse, pada dasarnya diwakili oleh NFT dan Anda dapat membawanya ke tempat yang berbeda di metaverse,” katanya.

Ia memperkuat sinyal itu, bahwa NFT itu bisa saja kelak dijual di Instagram dan Facebook Shop.

Facebook, Instagram, Youtube Masuk NFT Ikut Twitter? 

Hal itu diwartakan oleh Financial Times berdasarkan pernyataan sejumlah sumber anonim, Kamis (20/1/2022).

“Rencana ini masih tahap awal dan bisa saja berubah. Penerapan NFT itu memungkinkan pengguna menampilkan NFT sebagai gambar profil mereka, serta mengerjakan purwarupa agar pengguna bisa menerbitkan NFT baru. Bahkan ‘orang dalam di Meta sedang merembugkan peluncuran toko NFT sendiri,” tulis media berpengaruh itu berdasarkan sumber.

Meta Kembangkan Komputer Super Baru untuk Kebut Metaverse

Masih terkait metaverse, perusahaan Meta belum lama ini menyatakan mengembangkan komputer super bertenaga kecerdasan buatan yang diklaim tercepat di dunia. Menurut Mark Zuckerberg untuk membangun metaverse yang baik, dibutuhkan daya komputasi yang sangat besar ​​mencapai triliunan operasi per detik.

Untuk membangun komputer super ini, Meta menggandeng nVidia yang juga sudah bersiap masuk metaverse lewat piranti lunak Omniverse. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait