spot_img
spot_img

McDonald’s El Salvador Terima Pembayaran Bitcoin

Gerai makanan cepat saji, McDonald’s di El Salvador akhirnya menerima pembayaran menggunakan Bitcoin, setelah undang-undang Bitcoin berlaku efektif per Selasa (7/9/2021).

Dilansir dari BitcoinMagazine, seorang pengguna Twitter mengunggah beberapa foto yang menunjukkan pembayaran Bitcoin sukses untuk seporsi burger.

Bitcoin di McDonald’s El Salvador Bertenaga Lightning Network

Menurut redaksi media siber ternama itu, yang mengejutkan banyak Bitcoiner, McDonald’s di El Salvador sudah dapat dan akan menerima pembayaran Bitcoin.

Perusahaan telah berhasil mengintegrasikan pembayaran bertenaga Lightning Network OpenNode ke dalam layanannya, yang berarti siapa pun dapat membeli makanan dari McDonald’s di El Salvador menggunakan jaringan lapis ke-2 di atas blockchain Bitcoin itu.

Foto itu menampilkan struk bukti bayar ber-QRCode. Anda bisa memindai kode itu dan membawa Anda ke satu laman bukti transaksi di OpenNode, sebesar 0,00009992 BTC.

McDonald's El Salvador bitcoin.

McDonald's El Salvador bitcoin

 

Masih dari BitcoinMagazine, Julie Landrum, Kepala Pengembangan OpenNode mengatakan, pembayaran di gerai McDonald’s itu adalah hasil kerjasama perusahaannya dengan waralaba asal Amerika Serikat itu.

“Kami sangat bersemangat untuk bekerja dengan McDonald’s untuk membantu membuat penerapan Hukum Bitcoin negara ini sukses secara operasional. Ini hanya kesempatan besar untuk menunjukkan kekuatan  Lightning Network untuk volume tinggi setiap hari, pembelian bernilai rendah di rantai makanan cepat saji paling populer dan sukses di dunia. Jelas merupakan tonggak penting lainnya dalam perjalanan untuk menumbuhkan ekonomi bitcoin,'” jelas Landrum

Kemitraan OpenNode dengan McDonald’s memberikan solusi pembayaran tepat waktu. Namun, unduhan dompet Bitcoin Chivo yang disediakan oleh pemerintah El Salvador, untuk sementara tidak tersedia karena lonjakan permintaan.

Setiap warga El Salvador di negara tersebut telah atau akan segera dapat menggunakan Bitcoin gratis senilai US$30 melalui Chivo .

Belum diverifikasi apakah perusahaan besar Amerika lainnya di El Salvador, seperti Nike dan Walmart, juga telah mengaktifkan pembayaran kripto nomor wahid itu, sebut redaksi.

Chivo Dompet Bitcoin

Chivo adalah dompet Bitcoin yang resmi pertama digunakan oleh rakyat El Salvador, didukung oleh Pemerintahan Nayib Bukele. Chivo menjamin tanpa biaya transaksi. “chivo” adalah bahasa sehari-hari di kawasan Amerika Latin yang berarti “cool” atau “keren”.

Selasa, 7 September 2021 adalah hari bersejarah bagi dunia dan politik global. Pasalnya, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin sebagai alternatif alat pembayaran selain dolar AS.

Itulah tanggal resmi berlaku efektifnya undang-undang Bitcoin yang telah disahkan oleh parlemen pada Juni 2021 lalu.

Chivo pun didaulat resmi sebagai satu-satunya dompet Bitcoin untuk menukar dolar AS menjadi Bitcoin dan sebaliknya.

Beberapa pekan sebelum pemberlakuan undang-undang itu, sebuah video tutorial diterbitkan, cara menggunakan aplikasi mobile itu. [ps]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait