Membuat Sertifikasi Produk di Blockchain dengan Trusti

826

Membuat sertifikasi produk di blockchain dengan Trusti kini kian mudah. Cukup unggah file yang diinginkan ke IPFS, lantas data hash file tersebut disimpan di blockchain Vexanium. Hanya perlu beberapa langkah saja.

1. Pastikan Anda mempunyai aku baru di Trusti.id. Cukup masukkan nama, alamat e-mail dan masukkan password, lalu konfirmasi akun dari e-mail.

2. Setelah login ke akun Anda, klik tautan Browse di sisi kanan laman. Pilihlah file yang Anda inginkan. Bisa berupa file gambar, suara, maupun video.

Klik tombol Browse untuk memilih file.

3. Setelah file terpilih dan tercantum di laman awal, Anda bisa mencantumkan catatan tambahan terhadap file tersebut. Misalnya dalam tutorial ini, saya memilih satu gambar dan saya beri beberapa catatan yang terkait dengan gambar itu. Caranya, ketik di bagian Asset Name. Jikalau kurang, bisa menambahkan lainnya dengan menglik tanda plus. Catatan ini merupakan metadata terhadap file tersebut.

BERITA TERKAIT  IMF: Terkait Blockchain, Malta Lemah Soal KYC dan AML
File telah terpilih.
Tambahkan beberapa catatan.

4. Lalu lanjutkan dengan mengklik tombol slide di bagian “Upload this file to the IPFS Network” agar file tersebut diunggah ke jaringan komputer bersistem IPFS yang peer-to-peer. Karena sudah bersistem IPFS, maka Anda tidak perlu khawatir file itu hilang, karena disebar ke komputer yang jumlahnya banyak.

5. Setelah itu, klik tombol Certify. Tunggu beberapa detik hingga informasinya muncul di sisi Assets.

Sertifikat sudah dimunculkan, menandai proses upload file dan perekaman ke blockchain telah selesai.

6. Klik nama Assets untuk melihat rincian informasi sertifikat-nya.

Rincian informasi sertifikat.

7. Untuk memastikan bahwa file tersebut sudah tersimpan di IPFS, klik tombol Download Files di sudut atas kanan, hingga terbuka satu tab baru yang berisikan file yang Anda unggah sebelumnya. Silahkan klik ini.

8. Untuk memastikan sudah tersimpan di blockchain Vexanium, klik tombol View on Vexanium, hingga terbuka satu tab baru yang menampilkan laman Blockchain Vexanium Explorer. Silahkan klik ini.

Data yang terekam di blockchain Vexanium.

9. Jikalau Anda memerlukan file sertifikatnya, klik tombol Receipt, hingga file PDF terunduh.

BERITA TERKAIT  Kembangkan Teknologi Blockchain, Agen CIA Bisa Dapat Cuan

10. Barcode pada sertifikat itu bisa dijadikan acuan untuk memverifikasi menggunakan aplikasi Trust.

File pdf sertifikat.

Jadi, blockchain memudahkan kita merekam data-data digital dan memastikan file tersebut kekal abadi di blockchain, berbantuankan IPFS. Selamat mencoba. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO