Membuat Website Desentralistik di Blockchain+IPFS [BAGIAN KEDUA]

334

Bulan lalu kita sudah membahas cara membeli dan meng-claim decentralized domain berekstensi .ZIL. Kali ini kita membahas cara membuat satu website sederhana kemudian hashed data-nya kita padukan di platform Unstoppable Domains, sehingga domain .ZIL ataupun .CRYPTO bisa dibuka di browser.

IKLAN

Jadi, tutorial ini mengasumsikan Anda sudah memiliki satu domain .ZIL ataupun .CRYPTO. Jika belum punya silahkan lihat pada tutorial sebelumnya di sini.

BAGIAN PERTAMA: Membuat Website

  1. Login ke akun Anda di Unstoppable Domains, lalu masuk ke laman pengelolaan domain dari menu My Domains. Pilih domain Anda (dalam hal ini kami memiliki yang berekstensi .ZIL, yakni btcmedan.zil), lalu klik tombol MANAGE.

  2. Di laman yang baru, klik tab Website yang menampilkan sejumlah pilihan di bagian bawah untuk domain tersebut. Pada bagian pertama, Anda bisa membuat website sederhana berdasarkan template yang disediakan oleh Unstoppable Domains. Kemudian di bagian bawah adalah baris IPFS Hash, tempat mengisikan hashed data setelah kita memiliki data website-nya. Oke, sekarang kliklah tombol CHOOSE A TEMPLATE.

  3. Di laman baru, Anda dipersilahkan memilih template website yang Anda inginkan. Coba pilih Outstanding.

  4. Sekarang Anda bisa mengatur tampilan website Anda. Gunakanlah tool di bagian kanan untuk mengganti gambar, mengubah teks, pengaturan warna dan lain sebagainya. Gunakan pula tombol PREVIEW untuk meninjau tampilan sebelum diterbitkan.  Jikalau sudah, langsung klik tombol PUBLISH TO IPFS di sudut kanan atas. Itu adalah langkah untuk menyimpan semua data website Anda ke jaringan IPFS yang peer-to-peer.
    Template asli yang belum diubah.

    Template yang sudah diubahsuai.
  5. Setelah Anda mengklik tombol PUBLISH TO IPFS, sistem mengarahkan Anda ke laman sebelumnya dan menampilkan pesan bahwa proses perekaman data ke IPFS dan blockchain sedang berlangsung. Rata-rata sekitar 5 menit.

  6. Klik tombol VIEW TRANSACTION untuk melihat prosesnya. Jikalau statusnya “pending“, itu artinya masih diproses. Tunggu hingga “completed” atau refresh laman itu untuk melihat perubahannya. Inilah salah satu kekurangan website berbasis blockchain dan IPFS, memerlukan waktu lebih lama dibandingkan website biasa yang sentralistik.

  7. Oke, sekarang pastikan lagi transaksi tadi sudah completed. Jika sudah, kita kembali ke laman pengelolaan domain-website (lihat langkah ke-2). Perhatikan di baris IPFS Hash sudah terisi hashed data website yang sudah dibuat sebelumnya. Hash itu semacam identitas unik/sidik jadi website Anda yang sudah direkam ke IPFS dan blockchain. Dan di langkah ini Anda sudah memiliki satu paket lengkap sebuah website desentralistik (Web 3.0). Selamat datang di dunia baru! Mari kita lanjutkan ke bagian kedua.

BAGIAN KEDUA: Menampilkan Website
Karena konsep website desentralistik masih di awal-awal pengembangan, domain itu (berekstensi .ZIL dan CRYPTO) belum dibuka di browser biasa, ketika Anda memasukkan domain btcmedan.zil, misalnya.

Solusinya ada beberapa. Pertama, dibuka menggunakan browser Unstoppable Domains.

Kedua, menggunakan mobile browser Opera (hanya untuk Android dan terbatas untuk domain .CRYPTO). Dan ketiga, menggunakan ekstensi khusus yang dipasang di Google Chrome. Kami menyarankan menggunakan cara ketiga, karena bisa membuka website berdomain .ZIL dan .CRYPTO.

Gambar berikut adalah domain btcmedan.zil yang dibuka di Chrome yang menggunakan ekstensi itu.

Ketika laman ter-load penuh, domain di-redirect ke URL sub-domain IPFS Pinata. Formatnya seperti ini: https://abbfe6z95qov3d40hf6j30g7auo7afhp.mypinata.cloud/ipfs/QmWw4fcgAUhgWxpRf8PYkVirPjBmV4XUmqcCCKrkkcNsnP/ 

Jadi dalam situasi khusus, misalnya Anda meminta teman membuka domain .ZIL .CRYPTO. di semua jenis browser, sematkan saja (hyperlink) URL sub-domain IPFS itu. Coba klik tautan ini untuk membuka website btcmedan.zil. Hal serupa terlihat seperti pada gambar di atas.

Kesimpulan
Pengembangan awal website desentralistik (web 3.0) sudah cukup menggembirakan. Setidaknya karya Unstoppable Domains ini sudah membuka cakrawala pengetahuan yang baru.

Ke depan, mudah-mudahan sejumlah browser bisa secara langsung membukanya, tanpa perlu menambahkan ekstensi khusus.

Hal lainnya yang perlu diantisipasi adalah aspek keamanan di IPFS itu, tempat data website kita disimpan. Kita perlu memastikan bahwa semua jenis data apapun terjamin keamanannya. Sejauh ini IPFS Pinata itu sudah cukup mumpuni.

Di artikel berikutnya kita akan membahas cara lain untuk membuat website yang lebih custom daripada sekadar mengandalkan template, lalu memadukannya langsung dari akun IPFS Anda di Pinata. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO