Membuat Website Desentralistik di Blockchain+IPFS [BAGIAN KETIGA]

Artikel ini adalah bagian terakhir dari dua artikel sebelumnya tentang cara membuat website desentralistik di blockchain+IPFS. Artikel ketiga ini memaparkan membuat data website yang lebih custom daripada hanya mengandalkan template yang disediakan oleh UnstoppableDomains.com.

Agar lebih mudah mengikuti tutorial ini, silahkan Anda membaca dua artikel kami sebelumnya, BAGIAN PERTAMA dan BAGIAN KEDUA ini.

Pada artikel ini kami berasumsi Anda telah memiliki domain .ZIL ataupun .CRYPTO yang bisa dibeli di UnstoppableDomains.com. Selain itu, tentu saja, Anda sudah memiliki akun di Pinata sebagai platform penyedia layanan IPFS (Interplanetary File System).

Untuk membuat data website pada artikel kedua kita mengandalkan template bawaan yang disediakan oleh UnstoppableDomains.com.

Nah, sebenarnya kita bisa menyimpan data website buatan kita sendiri. Dalam tutorial ini kami membut data website memakai Mobirise. Layanan ini gratis dan memungkinkan kita membuat data website berbasis HTML yang lebih fleksibel dan intuitif.

Jikalau Anda sudah memiliki file/data website yang sudah berbasis HTML, Anda bisa langsung lihat langkah ke-4.

  1. Buka aplikasi Mobirise dan buatlah satu Page baru. Tentukan nama dan keterangan yang diperlukan.
  2. Seketika template standar dimunculkan di Mobirise yang siap Anda edit. Misalnya Anda ingin meng-edit bagian teks headline. Cukup blok teks itu dan lakukan perubahan.
  3. Setelah melakukan perubahan, klik tombol PUBLISH di sudut kanan atas Mobirise dan simpan ke komputer Anda ke dalam satu folder khusus. Tunggu sesaat, hingga terbuka di browser.
  4. Buka akun Pinata Anda dan klik menu Pinata Upload dan pilih Upload Directory. Pilih folder yang berisikan file website tadi dan klik tombol UPLOAD.
  5. Tunggu sesaat hingga muncul kotak berwarna hijau muncul di bagian atas. Klik teks Copy untuk menyalin hash data-nya.

    Hash file/data website yang tersimpan di IPFS Pinata. Jika Anda menyimpan hash ini di domain .ZIL atau .CRYPTO Anda, maka Anda akan mendapatkan tampilan website yang sama seperti yang kami buat sebelumnya.
  6. Masuk ke bagian Website di akun UnstoppableDomains.com Anda. Masukkan hash yang baru di bagian Hash dan klik tombol SAVE CHANGES.
  7. Pada kotak dialog yang muncul, masukkan file JSON dan password Wallet Zilliqa Anda. Langkah ini adalah langkah otentifikasi. Tunggu sesaat hingga kembali ke laman Manage, hingga statusnya masih “pending“. Klik tombol View Transaction untuk melihat perubahan statusnya.
    Status masih pending.

    Laman status perubahan. Tunggu 5-10 menit hingga “completed”
  8. Setelah status completed, sekarang bukalah domain blockchain Anda. Dalam hal ini domain kami adalah redaksi.zil yang dibuka di Google Chrome berekstensi UnstoppableDomains.

    Website berdomain redaksi.zil yang dibuka di Google Chrome. Tautan langsung tanpa ekstensi, silahkan klik ini.

Karena bersifat desentralistik, kelebihan website berbasis blockchain dan IPFS adalah file/data website tidak dapat dihapus (tetapi tetap bisa menimpanya) dan selalu tersedia, karena tidak bergantung pada satu server saja, melainkan terdistribusi ke sejumlah server yang peer-to-peer di IPFS.

Sedangkan kekurangannya, mengingat proses ini melibatkan transaksi di blockchain Ethereum, maka amat sangat bergantung pada kondisi lalu lintas transaksi di blockchain tersebut termasuk biaya gas (biaya transaksi yang ditentukan oleh Unstoppable Domains berkategori murah dan gratis).

Jikalau sedang mengalami peak, maka prosesnya bisa berlangsung amat lama. Jikalau Anda ingin mempercepatnya, maka Anda harus membayar lebih menggunakan aset kripto ZIL.

Namun, dalam situasi normal, prosesnya sampai completed hanya 5-10 menit. Tentu ini jauh sangat lama berbanding cara konvensional yang tidak menggunakan blockchain.

Namun ke depan, kelak blockchain Ethereum hijrah sepenuhnya ke Proof-of-Stake, maka kendala itu dapat diatasi sepenuhnya: prosesnya berlangsung seketika. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO