Menakar Anggap Lebay Harga Bitcoin Menjadi US$0

Meski harga Bitcoin terus bertumbuh dalam waktu satu dekade lebih, sepertinya kekhawatiran harga menjadi US$0 masih banyak dirasakan.

Dalam sejarah harga BTC, aset kripto utama ini telah menunjukkan bukti kuat dari eksistensinya di tengah perekonomian masyarakat, dengan terus terapresiasi secara “brutal.”

Dimulai dari beberapa sen saja, satu koin BTC kini sudah dapat ditukar dengan satu unit mobil baru. Ini menunjukkan betapa hebat kinerja BTC dalam jangka panjang, yang menghasilkan kekayaan luar biasa bagi para investor sejatinya, alias HODLer.

Harga Bitcoin (BTC) Menjadi US$0

Namun, kekhawatiran akan harga BTC untuk menjadi tak bernilai, alias US$0, rupanya masih banyak dirasakan, terlebih di tengah bearish pasar kripto seperti saat ini.

IKLAN

Berdasarkan laporan Watcher News, kehancuran pasar kripto yang kian menjadi-jadi sejak awal tahun ini, ditambah dengan jatuhnya ekosistem salah satu kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, Terra LUNA, membuat kekhawatiran semacam itu kian terbentuk.

Setelah kasus Terra, pencarian Google tentang “akankah Bitcoin menjadi US$0” di AS melonjak pesat.

Sepertinya, investor telah dilanda kekhawatiran untuk hal yang terburuk bagi aset kripto utama, yang saat ini masih menjadi tiang penyangga pasar kripto.

Saat ini, harga telah terdepresiasi lebih dari 60%, dari ATH di kisaran US$68.000 ke level US$22.500 pada saat penulisan.

IKLAN

Bahkan, beberapa analis masih memperkirakan harga dapat turun 50 persen lagi dari harga saat ini karena sentimen bearish masih membayangi.

Penelitian Terkait Peluang BTC Menjadi Tak Bernilai

Dan terkait peluang harga Bitcoin menjadi US$0, dua ekonom dari Universitas Yale, Yukun Liu dan Aleh Tsyvinski, telah mempelajari kemungkinan BTC menjadi tidak bernilai.

Pada tahun 2018, dua ekonom tersebut telah meluncurkan laporan penelitian berjudul “Risiko dan Pengembalian Cryptocurrency.” Laporan tersebut menghitung pengembalian bersejarah BTC dan probabilitas bencana risiko yang netral.

Dan disimpulkan, peluang harga BTC menjadi US$0 itu sangatlah kecil. Dari penelitian, peluang itu terjadi hanya berkisar 0 persen sampai 1,3 persen saja, yang diyakini tidak akan pernah terjadi hingga akhir hayat kita. [st]

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait