Mengapa Harga Bitcoin Anjlok di Bawah US$23 Ribu?

Pada Rabu (25/01/2023), pasar aset kripto melemah seiring harga Bitcoin (BTC) anjlok di bawah harga US$23 ribu dan Ether (ETH) terperosok di bawah US$1.500.

Pasar kripto telah mengalami reli kuat sejak awal bulan Januari tahun 2023 dan memberikan cuan yang menggiurkan bagi para investor yang merugi sepanjang tahun 2022.

Kini, kripto memasuki tahap koreksi setelah harga beragam aset menurun. Kendati menurun, harga aset kripto masih berada dalam tren bullish sehingga koreksi saat ini merupakan pergerakan harga yang dipandang sehat.

Harga Bitcoin (BTC) Anjlok 

Watcher Guru melaporkan, pasar kripto mengalami koreksi dikarenakan investor jangka pendek yang melakukan take profit untuk mengamankan keuntungan.

IKLAN

Investor jangka pendek bagi BTC menjual pada level harga US$23 ribu setelah meraih untung yang besar selama reli yang didukung oleh laporan indeks harga konsumen AS yang positif.

Perusahaan analisa Glassnode mengungkap, mayoritas pengambilan untung terjadi dari para trader jangka pendek. Menurut Glassnode, akibat tingkat keuntungan yang melonjak, probabilitas tekanan jual berasal dari holder jangka pendek akan turut bertumbuh.

“Persentase holder jangka pendek yang mencetak laba mencapai 92 persen, level yang belum teramati sejak bulan Mei 2021 dan all-time high di bulan November 2021,” tambah Glassnode.

Selain tekanan jual, investor kripto mengalami likuidasi dengan nilai lebih dari US$200 juta selama 24 jam terakhir.

IKLAN

Menurut data Coinglass, 90,29 persen likuidasi tersebut terjadi kepada para trader yang membuka posisi long atau beli. Total likuidasi saat ini memuncak pada angka US$223,43 juta yang berakibat mendorong harga BTC ke bawah beserta aset kripto lain.

Altcoin dengan peringkat tinggi berdasarkan kapitalisasi pasar menurun lebih dari 5 persen dalam 24 jam setelah berhasil mencetak untung selama dua pekan. Berbagai altcoin berhasil mencetak untung dengan nilai lebih dari 100 persen dari harga bawah.

Pasar altcoin tampak mengalami koreksi sehat sebab penurunan harga masih terbilang aman. BTC dan altcoin besar dapat kembali menguat setelah penjualan selesai.

BTC diperdagangkan pada harga US$23.225, menguat 2,8 persen dalam kurun waktu 24 jam terakhir menurut data CoinGecko. All-time high BTC dicapai pada November 2021 pada harga US$69.044. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait