Mengapa Harga Bitcoin Tiba-tiba Melonjak?

Harga Bitcoin dan aset kripto utama tiba-tiba melonjak, mencoba pulih dari keterpurukan yang dibentuk dalam crypto winter tahun ini.

Kenaikan pasar kripto dipimpin oleh dua kripto teratas dari sisi kapitalisasi pasar, yakni Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH), membawa kepercayaan diri investor dalam harapan yang lebih cerah dari sentimen global.

Crypto Potato melaporkan bahwa, sentimen besar datang dari bank sentral Kanada, pasca kenaikan suku bunga yang lebih rendah dari ekspektasi.

Kebijakan moneter yang ketat dari bank sentral dianggap akan mereda berkat hasil tersebut, yang meringankan “ketegangan pasar” yang terus tercipta di sepanjang tahun.

IKLAN

“Aktivitas perumahan telah turun tajam, pengeluaran oleh rumah tangga dan bisnis melemah. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan terhenti hingga akhir tahun ini dan paruh pertama tahun depan karena efek dari suku bunga yang lebih tinggi menyebar ke seluruh perekonomian,” ujar Juru Bicara Bank of Canada.

Selain itu, melemahnya data penjualan rumah di AS diperkirakan dapat mempengaruhi The Fed untuk mengikuti jejak Bank of Canada.

Investing Indonesia melaporkan bahwa, adanya eskpektasi terjadinya perlambatan ekonomi di AS akan meredakan sikap agresif The Fed, memperlambat laju kenaikan suku bunga terbaru.

Itu semua telah memberi harapan dan membangun selera risiko investor terhadap aset berisiko seperti saham dan kripto.

Harga Bitcoin (BTC) Melonjak 

Berdasarkan laporan Cointelegraph, harga BTC telah naik lebih dari 5 persen dalam 24 jam terakhir dan naik 9 persen dalam tujuh hari terakhir.

Reli jangka pendek tampak berlanjut hingga pagi hari ini, dengan harga yang melesat naik dari US$20.000 menuju US$21.000, sambil menanti dorongan baru dari sentimen global.

Selain itu, harga Bitcoin dan altcoin yang melonjak telah membawa total kapitalisasi pasar kripto kembali di atas US$1 triliun.

Selain BTC, harga kripto utama lain juga melesat, bahkan lebih dari 10 persen dalam 24 jam terakhir. Itu terjadi pada harga kripto Ether (ETH), Solana (SOL), Cardano (ADA), Tron (TRX), Matic (MATIC) dan XRP.

Dorongan harga BTC kian terpicu oleh ditutupnya posisi short dalam kontrak berjangka senilai US$1 milyar. Gelombang beli telah terbentuk hebat setelahnya. [st]

 

 

 

 

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait