Mengapa Harga SHIB Tiba-tiba Lemah Lunglai Setelah Naik Tinggi?

Tahun 2023 memberikan momentum yang positif bagi Shiba Inu (SHIB) dan pasar aset kripto secara keseluruhan. Pasar kripto mengalami reli kuat dan mayoritas aset mencetak profit 10 persen lebih.

Harga SHIB turut menunjukkan peningkatkan, disertai dengan burning SHIB yang meroket pada awal tahun. Tetapi, burn rate SHIB tidak bersifat konsisten dalam kurun waktu ini.

Kendati burn rate melejit pada beberapa hari tertentu, pada hari lain burn rate tersebut menukik tajam dan menunjukkan angka negatif.

Watcher Guru melaporkan, laju pemusnahan token SHIB menurun 0,13 persen hari ini. Hanya ada 15,196 juta SHIB yang dikirim ke alamat dompet mati menurut data situs Shib Burn.

IKLAN

Pada 13 Januari silam, whale Shiba Inu anonim yang menyimpan 1 milyar token SHIB melakukan burning 20 juta SHIB.

Harga SHIB berhasil menguat selama beberapa hari terakhir, tetapi burn rate tidak turut bertambah seiring peningkatan harga. Sebab, SHIB memiliki suplai token beredar sebesar 549 triliun token sehingga sulit untuk memusnahkan mayoritas suplai tersebut kendati sering terjadi burning.

SHIB berhasil melompat 16 persen dalam kurun waktu satu hari berkat antisipasi peluncuran jaringan layer-2 (L2) Shibarium. Jaringan L2 bertujuan mengurangi biaya transaksi dan mempercepat waktu transaksi.

Harga SHIB kembali merosot hari ini dan menghapus keuntungan yang diraih satu hari lalu. Berkat reli SHIB sejak awal Januari, jumlah investor yang berada pada posisi untung bertambah.

IKLAN

Data IntoTheBlock mengungkap 20 persen holder SHIB mencetak profit sementara 56 persen holder berada pada posisi rugi. Sebelumnya pada bulan November, 76 persen holderĀ token SHIB berada pada posisi rugi.

Menurut data CoinMarketCap, SHIB diperdagangkan pada harga US$0,00001, meningkat 3,85 persen selama 24 jam terakhir. Volume perdagangan SHIB yang mengalami reli kemarin kembali merosot 58 persen dalam kurun waktu sama.

Diperkirakan harga SHIB lemah lunglai dikarenakan para trader yang melakukan jual SHIB demi mengamankan untung setelah harganya meningkat lebih dari 10 persen. Hal ini bisa menjadi peluang untuk beli SHIB menjelang peluncuran Shibarium dalam waktu dekat. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait