Mengenal Crypto APTOS, Besutan Mantan Anak Buah Zuckerberg

Di tengah ketatnya persaingan proyek blockchain layer-1 (L1), crypto APTOS hadir untuk menjadi daftar pesaing baru yang dibesut oleh mantan anak buah Mark Zuckerberg.

Saat ini, proyek blockchain L1 dipimpin oleh Ethereum, Solana, Cardano dan Avalanche, sehingga bagaimana geliat dari proyek APTOS dan crypto aslinya, APT, terlihat menarik.

Sekadar informasi, kripto APT memiliki total pasokan sebanyak 1 milyar dan 130 juta yang beredar. Juga, ada sekitar 82,83 juta APT yang di-staking dengan 102 validator yang terlibat dalam jaringan.

Mengenal Crypto APTOS (APT) 

Berdasarkan laporan AMB Crypto, sejak mainnet diluncurkan, proyek yang dibesut oleh Josh Lind tersebut tengah berupaya keras untuk menjawab harapan investor.

IKLAN

Meski begitu, proyek saat ini dinilai belum dapat memenuhi harapan akan performa dan kemajuannya, meski awalnya digadang akan menjadi “Solana Killer.”

Sekadar informasi, Josh Lind adalah mantan pegawai di Facebook (Meta Inc.), Google dan IBM. Kini ia adalah Pendiri dan Insinyur dari proyek APTON.

Apa yang kini menjadi sorotan adalah, jaringan belum mampu memroses lebih dari 100.000 transaksi per detik, yang menjadi target dan harapan investor agar jaringan APTOS dapat bersaing dengan jaringan L1 yang sudah menduduki puncak.

Menurut data resmi proyek, jaringan APT baru dapat memroses sekitar 11,8 transaksi saja per detiknya, masih jauh dari harapan.

IKLAN

Aptos Foundation mengungapkan bahwa jaringan membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk benar-benar hidup.

Foundation juga menjelaskan bahwa visi mereka adalah membangun proyek agar lebih banyak orang dapat mengakses aplikasi terdesentralisasi (dApps).

“Kami percaya pada kebutuhan akan blockchain yang berinovasi dengan cepat dan dapat beradaptasi yang melayani kebutuhan orang-orang saat ini dan generasi masa depan. Kemampuan untuk ditingkatkan, bergerak dan pengalaman pengguna yang mengutamakan orang adalah beberapa prinsip inti dan fitur unik dari blockchain Aptos yang menyatukan ekosistem yang luar biasa dan dinamis ini untuk membawa web3 ke semua orang,” ujar Aptos Foundation dalam postingan Medium.

Melirik kinerja crypto APTOS, perusahaan Santiment melihat penurunan besar dari volume transaksi APT, dari puncaknya US$1,89 milyar di 19 Oktober, saat ini menjadi US$573,75 juta. Ini menandakan adanya aksi jual dan pengurangan pemegang kripto APT. [st]

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait