Mengenal DASIA, Platform Pemasaran Digital Berbasis Teknologi AI dan Blockchain

Pemasaran digital dewasa ini mendapatkan tantangan tersendiri, misalnya dalam menakar efektivitas pemasangan iklan di media. Untuk mengatasi tantangan itu dan sejumlah tantangan lain, DASIA hadir sebagai platform baru yang berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) dan blockchain.

Tantangan Pemasaran Digital Dewasa Ini

DASIA menggambarkan sejumlah tantangan dan masalah di industri pemasaran digital dewasa ini. Beberapa hal di antaranya adalah kerumitan jalur transmisi pemasaran, return investasi iklan yang menurun, kesulitan dalam membentuk hubungan yang stabil dan berkelanjutan dalam rantai pemasaran, kesulitan dalam memprediksi nilai pemasaran sebelumnya, tantangan dalam memastikan keamanan data, serta distribusi kepentingan yang tidak tepat di antara peran-peran dalam rantai pemasaran digital.

Sebagai sebuah tawaran solusi, DASIA menyebut dirinya sebagai platform pemasaran digital menyeluruh, ditambah dengan teknologi AI dan blockchain.

“DASIA adalah sebuah platform yang melayani hulu dan hilir dari rantai nilai industri media, dibangun di atas teknologi yang ada dalam pemasaran digital yang dikombinasikan dengan AI dan Web3 [blockchain-Red] serta teknologi baru lainnya,” tertera di situs resmi DASIA.

Kemudian, jikalau mengacu pada dilema pemasaran digital yang muncul dari tantangan yang rumit dan seringkali bertentangan, salah satunya adalah terkait kemajuan teknologi, strategi pemasaran digital yang harus terus beradaptasi dengan platform, alat, dan perilaku konsumen yang baru.

Dalam hal ini AI semakin memainkan perannya, karena semakin cerdas dan bisa digabungkan dengan teknologi Web3 dan blockchain untuk sistem keamanan dan penambahan nilai pasar serta interaksi di dalam ekosistem.

Mengenal Elemen Kekuatan Web3: Metaverse, AI, Crypto dan Blockchain

Masalah lainnya adalah semakin beragam dan jumlah saluran digital (digital channel) dalam memasarkan produk melalui iklan. Ini yang dapat menyebabkan return investasi atas belanja iklan yang menurun. Selain itu, ada tantangan dalam mengukur efektivitas iklan di tengah banyaknya metrik dan data, yang dapat menyebabkan kebingungan dan alokasi sumber daya yang salah.

Kekhawatiran privasi dan peraturan perlindungan data juga memperumit upaya pemasaran digital, karena perusahaan harus menyeimbangkan iklan yang dipersonalisasi dengan menghormati privasi pengguna.

Di sini AI mengambil peran, karena memilah dan menyarankan media dan channel yang lebih tepat, sehingga hasil pemasaran digital lebih efektif dan mudah diukur.

DASIA juga menyebut dirinya sebagai “ekosistem media AI yang berkelanjutan”. Ini mengacu pada sistem jangka panjang di mana kecerdasan buatan digunakan secara bertanggung jawab dan etis dalam industri media dan pemasaran digital.

Sistem ini bertujuan untuk memastikan bahwa teknologi AI menguntungkan semua pihak yang terlibat, meminimalkan dampak negatif, dan dapat terus berjalan secara efektif dari waktu ke waktu.

Terkait dengan itu, DASIA mengusung pembuatan konten pemasaran digital menggunakan AI, sebagai bagian dari pengoptimalan dan pengelolaan konten pemasaran.

“Sistem-sistem ini memanfaatkan kemampuan AI untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan personalisasi upaya pemasaran digital,” sebut DASIA.

AI di DASIA juga berperan dalam sistem distribusi iklan yang lebih presisi untuk meningkatkan penargetan, penempatan, dan optimalisasi iklan . Sistem ini bertujuan untuk memastikan bahwa iklan menjangkau audiens yang paling relevan dengan waktu dan penempatan yang optimal, meningkatkan efektivitas dan efisiensi upaya periklanan.

DASIA juga mengklaim telah menjalin kerjasama dengan perusahaan Dattel yang mengoperasikan sistem pemasaran digital OHSEMads.

Peran Blockchain di DASIA

DASIA juga memanfaatkan teknologi blockchain untuk menegaskan tujuan DASIA di sektor pemasaran digital. Salah satunya adalah lewat penerbitan token kripto Dasia (DASIA) di blockchain Ethereum.

Disebutkan bahwa token ini memiliki beragam peran dan fungsi. Beberapa di antaranya adalah sebagai insentif di ekosistem, untuk rabat, pembayaran iklan, sistem imbalan (reward), serta pembayaran konten.

Sebagai unsur insentif di ekosistem, misalnya, DASIA diberikan kepada pihak-pihak yang memberikan kontribusi besar seperti manajer komunitas, pengembang, penasihat, dan lain sebagainya untuk merangsang antusiasme dan kreativitas anggota komunitas.

Selain itu, DASIA dapat digunakan untuk mengenakan biaya tertentu untuk transaksi, dan dengan memegang sejumlah DASIA, pengguna dapat menikmati diskon biaya atau transaksi gratis dengan persentase tertentu.

Token kripto ini juga dapat dimanfaatkan sebagai metode pembayaran belanja iklan dan media menerima DASIA sebagai pendapatan iklan, sebagai bagian dari proses pemasaran digital.

Khusus untuk unsur imbalan dan hadiah atau reward, ini memberikan penghargaan kepada pengguna yang berkontribusi pada proyek DASIA untuk mendorong partisipasi mereka dalam pembangunan dan pengembangan. Seperti token kripto pada umumnya, DASIA kini diperdagangkan di crypto exchange Coinstore. [ps]

Terkini

Warta Korporat

Terkait