spot_img
spot_img

Mengenal Ekosistem DeFi Terra (LUNA)

Terra (LUNA) adalah nama teknologi blockchain yang memiliki simbol kripto LUNA. Harga LUNA naik tinggi lagi mencerminkan apresiasi yang besar dan publik. Bagaimana ekosistem DeFi-nya?

Apa Itu Terra (LUNA)?

Terra adalah blockchain dan ekosistem keuangan berbasis pembayaran dengan beragam protokol DeFi yang unik. Terra dapat dijalankan bersama dengan berbagai ekosistem blockchain terbesar di industri kripto, termasuk Ethereum melalui jembatan antar-rantai.

Dua unsur kunci dalam ekosistem Terra adalah uang Terra, yaitu stablecoin algoritmis, dan token LUNA. Stable coin paling besar di Terra adalah UST yang merupakan stable coin terbesar kelima dalam pasar kripto. Sejauh ini, total aset yang dikelola dalam protokol DeFi Terra bernilai sebesar US$8,65 milyar.

Ekosistem DeFi Terra saat ini relatif kecil bila dibandingkan dengan jaringan Layer 1 lain seperti Ethereum, Binance Smart Chain atau Solana. Kendati demikian, Terra memiliki aplikasi DeFi inovatif yang tidak umum di ekosistem kripto secara luas.

Apa Itu DeFi?

DeFi adalah keuangan desentralistik dimana pengguna dapat mengakses layanan keuangan tanpa adanya pihak ketiga seperti bank. Pengguna bertransaksi langsung dengan aplikasi memakai smart contract yang mengurus teknis penyelesaian transaksi.

Ekosistem DeFi Terra

Di dalam ekosistem Terra, ada beragam aplikasi DeFi. Salah satunya adalah TerraSwap yang merupakan bursa desentralistik pertama. TerraSwap dibangun sebagai tempat pertukaran antara token Terra dan CW20.

Lalu ada Anchor Protocol, yaitu protokol tabungan desentralistik yang menawarkan imbal hasil tetap 20 persen untuk deposit UST. Anchor merupakan salah satu produk DeFi paling populer di Terra dengan total aset dikelola mencapai US$3,36 milyar.

Mirror Finance merupakan protokol yang memungkinkan aset sintetis yang disebut Mirrored Assets (mAssets) yang mencerminkan harga aset dunia nyata seperti saham atau obligasi. Tujuan Mirror adalah agar pengguna dapat memperdagangkan aset sintetis saham secara desentralistik.

Beragam proyek lainnya mulai bermunculan di ekosistem Terra, termasuk Alice yang menawarkan aplikasi daring untuk pembayaran cepat dan akses imbal hasil tinggi. Mars Protocol membangun pasar modal untuk peminjaman dan pemberian pinjaman di Terra.

Token LUNA merupakan salah satu aset kripto dengan performa yang memukau selama beberapa bulan terakhir. Harganya saat ini mencapai rekor baru di bilangan US$44,7 setelah sempat longsor di kisaran US$3,9 pada bulan Mei silam, menurut data TradingView. [cryptobriefing.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait