spot_img
spot_img

Mengenal Kripto Fantom (FTM) yang Sedang Naik Daun

Fantom (FTM) merupakan salah satu aset kripto dengan performa memukau selama sepekan ini. Data CoinGecko menunjukkan, FTM telah naik 116,5 persen selama tujuh hari terakhir dan 576 persen dalam satu bulan. Tidak hanya itu, FTM mencetak rekor harga baru, yaitu US$1,8 pada Senin (07/09/2021).

Kripto Fantom, FTM 

Fantom merupakan platform smart contract berbasis directed acyclic graph (DAG) dengan kinerja yang tinggi, aman serta skalabilitas tinggi. Teknologi Fantom dirancang untuk mengatasi keterbatasan platform blockchain generasi pertama seperti Bitcoin.

Mekanisme konsensus yang dipakai adalah Lachesis, teknologi terkini di bidang Asynchronous Byzantine Fault Tolerance (aBFT). Sebab itu, Fantom dapat berjalan lebih cepat dan murah dibanding blockchain dengan teknologi lama.

Setiap blockchain berusaha menyelesaikan trilemma keseimbangan kecepatan, keamanan dan skalabilitas. Fantom membangun kecepatan dengan mengandalkan Lachesis yang memfasilitasi fungsi token serta aset digital pada kecepatan tinggi.

Soal keamanan, Fantom mengandalkan protokol leaderless Proof of Stake untuk mengamankan jaringan. Fantom berusaha tidak mengorbankan keamanan dan desentralisasi demi mencapai skalabilitas.

Desentralisasi dicapai oleh konsensus Lachesis aBFT yang mampu meningkatkan skalabilitas sehingga simpul Fantom terdistribusi di sekeliling dunia dalam lingkungan yang terbuka dan tidak perlu izin.

Token FTM memiliki suplai maksimal 3,2 milyar FTM serta suplai beredar 2,5 milyar. Dengan kapitalisasi pasar US$3,96 milyar, FTM menduduki peringkat 46 di situs CoinGecko berdasarkan kapitalisasi pasar.

Fantom diciptakan Fantom Foundation yang didirikan oleh ilmuwan komputer asal Korea Selatan, Dr. Ahn Byung Ik dan dipimpin oleh CEO Michael Kong.

Tim Fantom terdiri dari anggota-anggota dengan berbagai latar belakang insinyur, ilmuwan, periset, perancang serta pengusaha. Salah satunya adalah Andre Cronje, sosok karismatik yang membuat platform DeFi yearn.finance (YFI).

Proyek yang Aktif

Sebagai proyek kripto yang aktif, Fantom menjalin kemitraan dengan beragam proyek kripto, termasuk Chainlink. Fantom bermitra dengan Chainlink demi membangun produk DeFi yang aman dengan skalabilitas tinggi, seperti stablecoin desentralistik, protokol peminjaman serta aset sintetik.

Terbaru, Fantom bekerjasama dengan penyedia layanan blockchain Bware Labs. Melalui platform Bware, pengembang Fantom dapat menciptakan API blockchain untuk menghubungkan aplikasi mereka ke jaringan Fantom dalam waktu kurang dari satu menit.

Selain kemitraan-kemitraan baru, Fantom mencetak beragam prestasi. Belum lama ini, Fantom menggelar program insentif DeFi senilai US$350 juta demi mendorong likuiditas di blockchain tersebut agar menarik lebih banyak pengguna. [medium.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait