spot_img
spot_img

Mengenal Kripto FTT yang Sudah Cetak Rekor Baru

Kripto FTT termasuk pendatang baru, tetapi berkat use case-nya yang apik, ia mencetak rekor tertinggi baru di US$70,58 pada 2 September 2021 dini hari. Akuisisi bursa FTX terhadap bursa LedgerX adalah faktor utama.

Apa Itu FTT dan FTX?

FTX adalah bursa kripto asal AS yang menawarkan kontrak berjangka, perdagangan leverage serta jual beli over the counter (OTC). Pangsa pasar kripto berjangka acapkali dilanda permasalahan clawback (pengembalian untung yang sudah didapat investor). Masalah ini berujung kerugian hingga jutaan dolar bagi investor disebabkan oleh sistem pengelolaan resiko yang lemah.

FTX, yang dikepalai oleh milyarder Sam-Bankman Fried, bertujuan meminimalisir kemungkinan terjadinya clawback dengan menggunakan model likuidasi tiga tingkat. Khususnya, FTX berharap dapat menjadi bursa terdepan yang melampaui BitMex serta OKEx dalam tahun-tahun mendatang.

FTT adalah token yang menjadi tulang punggung ekosistem FTX. Token ini dirancang agar mendorong penggunaan dan permintaan terhadap FTT sembari turut mengurangi suplai yang beredar.

Pengguna yang berdagang di bursa FTX dapat memanfaatkan FTT untuk mendapat diskon biaya transaksi. Hal ini berarti biaya lebih rendah bagi perdagangan berjangka di FTX dan juga spread lebih ketat bagi jual beli OTC.

Token tersebut bisa dipakai sebagai agunan bagi posisi kontrak berjangka sehingga mendorong minat terhadap token dengan suplai beredar 105 juta tersebut.

Di masa pergerakan pasar yang volatil, alih-alih clawback, dana asuransi FTX menyediakan laba bersih. Sebagian dari laba ini akan dibagikan kepada pemilik token. Selain itu, pengguna yang ingin membuka posisi leverage dapat memakai FTT.

Institusi kripto yang ingin membeli portal OTC serta pasar kontrak berjangka versi white label (tanpa merk) bisa melakukannya melalui FTT.

Sebagai tulang punggung ekosistem FTX, FTT akan semakin terpakai dengan bertambahnya produk derivatif. Pemilik kripto ini juga mendapatkan diskon biaya trading yang besarannya bergantung kepada jumlah token FTT dalam akun.

Rekor baru yang dicapai FTT didorong oleh aksi korporasi FTX yang mengakuisisi bursa kripto LedgerX. LedgerX merupakan platform yang fokus di pasar derivatif kripto, salah satu bagian industri kripto yang digarap serius oleh FTX.

Selama ini, regulator AS sangat membatasi akses perdagangan derivatif kripto, sehingga investor ritel kesulitan berpartisipasi. Hal itu diharapkan berubah dengan adanya akuisisi LedgerX tersebut, sehingga FTX dapat menawarkan perdagangan derivatif kepada lebih banyak pegiat kripto di AS. [coinhere.io/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait