Mengenal SHI, Stablecoin di Ekosistem Shiba Inu (SHIB)

Shiba Inu (SHIB) mengalami sukses besar pada tahun 2021. Kendati saat ini harganya melemah, tim pengembang SHIB terus bekerja dan mengumumkan stablecoin SHI.

SHIB berawal sebagai token meme pada awal tahun. Tetapi aset kripto ini lalu berkembang pesat dengan ekosistem yang terus bertumbuh.

Stablecoin di Ekosistem Shiba Inu (SHIB)

Terbaru, stablecoin SHI adalah token yang dipatok pada harga US$0,01. Ryoshi, pencipta SHIB, berniat menjadikan SHI sebagai mata uang global yang dapat dipakai sehari-hari oleh pengguna. SHI diharapkan dapat menjadi alat pembayaran dan alat simpan nilai.

Stablecoin merupakan aset kripto yang dipatok terhadap dolar AS dengan tujuan mengurangi volatilitas dan mempertahankan kestabilan harga. Ryoshi berpendapat SHI yang stabil akan digunakan oleh usaha-usaha dan membantu bisnis.

Beberapa stablecoin memiliki cadangan kas agar stabil. Bagi SHI, Ryoshi tidak merinci bagaimana kestabilan itu akan tercapai. Tetapi ia mengungkap akan mengunci cadangan dalam jumlah tertentu. Lalu SHI akan diterbitkan agar nilainya tetap menjadi US$0,01.

Selain itu, Ryoshi dapat memakai stablecoin dengan cadangan sebagian. Hal itu akan memakai token kedua yang berfungsi menyerap volatilitas dan menjaga nilai SHI agar tetap stabil.

“Saya tidak tahu cara mana yang lebih baik. Apapun itu, hal itu harus dibangun secara hati-hati, ditampung secara mandiri, menerus dan otonom serta tidak mengandalkan oracle pihak ketiga,” jelas Ryoshi.

Belum ada tanggal rilis bagi SHI ataupun penjelasan rencana. Ryoshi menjelaskan SHI penting demi menunjukkan SHIB bersifat desentralistik.

Selain SHI, Ryoshi dan tim juga menggarap Shibarium, solusi layer 2 berbasis Ethereum Virtual Machine (EVM). SHI akan menjadi stablecoin resmi ekosistem Shibarium.

Ryoshi berkata tidak ada yang berkuasa di ekosistem SHIB, tidak ada yang memiliki kunci bagi smart contract SHIB. Menurut Ryoshi, komunitaslah yang bertanggungjawab atas proyek ini.

Saat ini, SHIB berada 50 persen di bawah harga tertingginya. Pasar aset kripto sedang lemah dan banyak aset kripto yang longsor lebih dari 10 persen dalam sepekan terakhir. Perkembangan SHIB terbaru ini dapat membantu harganya menguat kembali. [watcher.guru/ed]

spot_img

Terkini

Terkait