Mengenal TPBC, Proyek NFT Bertema Bekantan, Si Primata Berhidung Panjang

Semakin popularnya NFT alias non-fungible token, mendorong sejumlah pekerja kreatif mengusung tema-tema apik. Salah satunya adalah TPBC (The Proboscis Beach Club) yang menampilkan gambar-gambar unik bekantan, primata langka berhidung panjang yang hidup di belantara Kalimantan.

Apa Itu TPBC?

TPBC adalah proyek NFT yang bertema sosial dan lingkungan hidup, yang menggugah kesadaran publik tentang kelangkaan bekantan, sembari mendapatkan keuntungan dari penjualan NFT itu.

NFT ini berbasis blockchain Avalanche (AVAX) ini merepresentasikan ribuan gambar unik bekantan dengan beragam pose, warna kulit hingga atribut selayaknya manusia.

Anda penggemar NFT berbasis seni rupa keren seperti ini pasti penasaran, apa untungnya bergabung di TPBC ini?

Ekosistem TPBC

TPBC adalah kompilasi dari 5.400 NFT berbasis karya seni yang unik. TPBC NFT pengguna juga berfungsi sebagai identitas keanggotan di sejumlah program, mulai dari hak mendapatkan cinderamata, akses ke ke pesta pantai di Bali, hingga mystery box yang berisikan hadiah kejutan.

Tim TPBC mengklaim sudah sukses menjual sebanyak 400 NFT (private sale) kurang dari 24 jam pada Desember 2021 lalu. Dan penjualan NFT berikutnya (pre-sale), sebanyak 750 unit akan digelar pada pekan kedua Februari 2022 mendatang.

Terpantau di laman minting NFT-nya, yakni di https://mint.proboscis.club, 1 unit NFT seharga 0,75 AVAX atau setara dengan Rp1.232.727 dengan kurs per 18 Januari 2022. NFT yang Anda dapatkan lewat pembelian ini bersifat acak alias random dan tersimpan di wallet AVAX Anda. Tetapi sistem memastikan tidak ada NFT yang sama alias unik satu sama lain.

NFT bekantan TPBC

Untuk penjualan sisa NFT yang lain, hingga total 5.400, akan digelar secara berkala di waktu yang berbeda. Direncanakan pula akan ada pertemuan khusus para anggota TPBC di Bali, Indonesia.

Bagaimana Mendapatkan Reward?

Sebagaimana NFT yang lain, reward (imbalan) yang diperoleh adalah berdasarkan harga jual kembali NFT yang dibeli di awal lewat platform TPBC.

Selain itu, ada mystery box yang bisa diperoleh oleh setiap anggota setiap bulan. Setiap kotak berisikan imbalan sebesar 1-18 persen dari total investasi NFT Anda. Besaran ini bergantung pada tingkat (level) NFT milik Anda. Semakin tinggi level-nya, maka semakin besar pula persentasi yang Anda dapatkan dari mystery box itu.

NFT bekantan TPBC

Nah, Anda pasti bertanya, darimana reward itu diperoleh dan dibagikan kepada Anda para member NFT TPBC? Jawabannya adalah Tim TPBC berinvestasi di sejumlah perusahaan ventura di sektor kripto. Pendapatan investasi itulah yang dibagikan kepada member.

NFT bekantan TPBC

Bermain game “The Proboscis After Party” di website melalui komputer dan ponsel juga cara lain untuk menaikkan nilai NFT. Setiap NFT milik Anda adalah akses eksklusif bermain game, dengan Rich Monkey sebagai karakter istimewa di game bergenre fighting ini.

Konsep game The Proboscis After Party di ekosistem NFT TPBC.

Kemenangan dalam pertarungan sangat menentukan nilai NFT Anda. Tingginya rank akan membuat NFT Anda popular, dimana seluruh pemain akan mengetahui seberapa hebat hal tersebut dan diabadikan di Hall of Excellence pada setiap musimnya.

Tim TPBC menerangkan, bahwa pihaknya akan mengembangkan game The Proboscis After Party ini menjadi e-sportĀ game juga. Kelak akan digelar Seasonal Event Tournament, di mana pemain akan mendapatkan reward dalam bentuk in-game item ataupun AVAX.

Game The Proboscis After Party ini akan dirilis segera di tahun ini. Rincian proyek TPBC ini bisa dibaca di laman ini. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait