Mengenal Zilliqa (ZIL) yang Akan Diperdagangkan di Tokocrypto

1715

Tokocrypto.com akan memperdagangkan aset kripto Zilliqa (ZIL) pada Kamis, 16 Januari 2020 mendatang. Zilliqa memang termasuk pendatang baru, tapi menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan Ethereum, khususnya soal kecepatan transaksi. Ayo, kita mengenal Zilliqa (ZIL).

IKLAN

Diperkenalkan pada tahun 2017, Zilliqa (ZIL) mengusung konsep teknologi ‘Sharding’ untuk meningkatkan kecepatan transaksi blockchain Ethereum. Sharding mirip dengan konsep “divide and conquer“, di mana transaksi dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil bagi para penambang untuk melakukan verifikasi secara paralel.

“Hasilnya adalah kemampuan untuk mencapai konsensus lebih cepat, yang akan meningkatkan jumlah transaksi dalam periode tertentu. Kecepatan transaksi dapat mencapai sekitar 1000 kali dari blockchain Ethereum. Dengan kecepatan ini, maka sejumlah keunggulan lain dapat dicapai, di antaranya adalah pengoptimalan aplikasi desentralistik (dApp),” sebut Zilliqa dalam whitepaper-nya.

Bahkan dalam pengujian terbaru disebutkan, bahwa Zilliqa mampu memproses sekitar 2.828 transaksi per detik dan node (simpul) yang bergabung dengan jaringan Zilliqa semakin meningkat.

Ethereum jelas kalah jauh, karena hanya bisa memproses 15 transaksi per detik. Namun, Ethereum saat ini berproses “naik kelas” menuju generasi 2 agar transaksi bisa berlipat hingga ribuan, karena akan menganut algoritma konsensus Proof-of-Stakes (PoS), meninggalkan Proof-of-Work (PoW).

Ketika Initial Coin Offering (ICO) pada 27 Desember 2017-10 Januari 2018, Zilliqa memang masih menggunakan blockchain Ethereum. Tetapi sejak 2019 Zilliqa membuat blockchain sendiri, dengan mengusung konsep “Sharding” itu, memiliki bahasa pemrograman sendiri untuk memperkuat sistem smart contract-nya. Dalam ICO itu, Zilliqa sukses mengumpulkan dana hingga US$22.000.000.

Zilliqa memilih algoritma konsensus pBFT (practical Byzantine fault tolerance) untuk menegaskan konsep Sharding itu di sistemnya dan dipadukan dengan Proof-of-Work (PoW). PoW digunakan untuk mengindentifikasi node (simpul) jaringan. Sedangkan pBFT untuk memroses transaksi.

blockchain

dAPP
Sayangnya, Aplikasi Desentralistik (dApp) yang berjalan di Zilliqa memang masih sedikit, baru 8 saja. Salah satunya adalah Unstoppable Domains, yang juga pernah kami ulas di sini. Unstoppable Domains memungkinkan konversi address Bitcoin, Ethereum menjadi bentuk nama domain, misalnya redaksi.zil.

Tren Harga
Soal harga, ZIL praktis tak mengalami kenaikan dalam 3 bulan terakhir. Pada 8 Desember 2019 misalnya, ZIL pernah nongkrong di Rp93, lalu terus tertekan hingga Rp64 per 14 Januari 2020. Kinerja selama 30 hari pun masih belum memuaskan, karena turun dari tertinggi Rp75 (14 Desember) menjadi terendah Rp59 (18 Desember 2019). [red]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini