Mengintip Gaming dan Metaverse di Ekosistem Cardano (ADA)

Gaming merupakan salah satu kategori aplikasi desentralistik yang sukses besar berkat sumbangan pengembang dan komunitas. Cardano menciptakan ekosistem gaming dengan kolektibel serta marketplace digital dan perangkat bagi pengembang game.

Pengembangan game pada Cardano dapat terjadi setelah smart contract diaktifkan melalui pembaruan Alonzo pada September tahun lalu. Pengembang game dapat mencari pendanaan memakai platform Ideascale.

Ekosistem gaming Cardano menghadapi persaingan dari blockchain lain, seperti Ethereum, Binance Smart Chain (BSC), WAX, EOS dan Polygon. Menurut Cardano Feed, saat ini Cardano belum memiliki game yang berada di peringkat atas.

Game blockchain teratas, Splinterlands pada WAX dan Hive, memiliki 336 ribu pengguna perbulan. Alien Worlds pada WAX dan BSC menerima volume US$643.640 per bulan. Cardano merupakan pemain baru dan memiliki pesaing yang kuat.

Sejumlah game yang dibangun di atas Cardano dan mulai naik daun adalah sebagai berikut:

Pertama, Dracards yang merupakan permainan kartu berdasarkan dunia fantasi. Tujuan utama Dracard adalah membangun ekosistem ekonomi dan komunitas kolektor, pemain serta investor.

Token Dracards adalah FIRE dapat diperoleh melalui permainan atau di-staking untuk imbalan tambahan. Total suplai FIRE adalah 100 juta dengan 60 persen ditujukan bagi imbalan dalam ekosistem game tersebut.

Kedua, Drunken Dragon yaitu permainan pengelolaan tempat makan dengan kolektibel yang dapat diperjualbelikan. Setiap pemain dapat memperoleh kolektibel yang sama dengan yang dapat dibeli secara langsung.

Tujuan game ini adalah mentokenisasi pengalaman gaming untuk bersenang-senang dimana pemain dapat bekerjasama atau bersaing satu sama lain. Drunken Dragon tidak memiliki token seperti game blockchain pada umumnya.

Ketiga, Cardano Warriors terinspirasi pada era game RPG yang dibuat berdasarkan teknologi 8-bit dan 16-bit. Pemain berawal dengan karakter yang dilengkapi senjata, perisai dan atribut lain berdasarkan NFT yang dimilikinya.

Setiap NFT terkait dengan berbagai aset, termasuk karakter, pulau, senjata dan perlengkapan lain.

Keempat, Pavia adalah metaverse dimana pengguna dapat menjadi pemilik lahan digital. Ada 100 ribu NFT yang tersedia dan 60 ribu sudah dijual pada bulan Oktober dan November 2021.

Pavia memiliki token PAVIA sebanyak 2 milyar yang diterbitkan pada Desember tahun lalu. 25 persen PAVIA diperuntukkan bagi imbalan di dalam game tersebut. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait