Menimbang Aset Kripto Maker (MKR) yang Tersedia di Rekeningku.com

3820

Sejak 5 Februari 2020 lalu, Rekeningku.com telah memperdagangkan aset kripto Maker (MKR). Tidak banyak yang tahu seluk-beluknya. Smart contract-nya yang unik berperan besar mendukung stablecoin DAI. Tak heran Flipside Crypto memberikan skornya hingga 868 di peringkat ke-10.


Apa itu DAI?
Pertama, kita perlu pahami terlebih dahulu apa itu stablecoin DAI karena sangat terkait erat dengan MKR itu. DAI atau bernama lengkap “Multi-collateral DAI” adalah stablecoin yang nilainya setara dengan nilai 1 dolar AS. Sedangkan MKR adalah fungsinya sebagai “governance token“, yang nilainya berfluktuasi.

Flipside Crypto memberikan skor 868 kepada Maker. Sumber: FlipsideCrypto.

Prinsip dasarnya sama dengan United States Dolar Tether (USDT) ataupun Paxos Standard (PAX), yakni mentokenisasi nilai dolar AS menggunakan smart contract dan disimpan di blockchain Ethereum.

Perbedaannya adalah pada mekanisme “menjaga” agar nilai satu unit token itu terus setara dengan nilai satu unit dolar AS.

BERITA TERKAIT  Bitcoin Halving 2020, Hugo Prasetyo: Harga Bitcoin Mungkin Tak Naik Sampai 30 Kali Lipat

Nilai setiap 1 USDT dan PAX dijamin oleh uang dolar AS asli/fisik di bank atau oleh lembaga lain atau jenis aset lain yang setara dengan itu. Jadi, jumlah USDT dan PAX yang beredar di pasar dijamin sama dengan jumlah dolar AS asli.

Itulah yang memungkinkan Anda mengirimkan 100 dolar AS menggunakan USDT ataupun PAX ke mana saja, lalu menukarnya menjadi uang dolar ataupun rupiah ke rekening bank Anda. Tentu saja kedua stablecoin itu masing-masing memiliki smart contract (kode khusus) di blockchain Ethereum.

Nah, sedangkan nilai kestabilan nilai dolar DAI dirancang hanya dengan smart contract murni. Tak ada uang dolar asli yang menjaga/menjamin kestabilannya.

BERITA TERKAIT  PayPal Pastikan Kelola Aset Kripto di Uni Eropa

Startup MakerDAO punya racikannya. Maker menyebutnya dengan istilah “Collateralized Debt Position” alias CDP.

Jaga Fluktuasi DAI
Maker (MKR) adalah aset kripto yang mendukung dan menstabilkan nilai DAI sebagai stablecoin melalui mekanisme Collateralized Debt Position. Sama seperti token lain di blockchain Ethereum, MKR juga direpresentasikan dengan smart contract.

Pasokan (supply) MKR diterbitkan atau dimusnahkan (burn) sesuai dengan fluktuasi DAI untuk menjaganya sedekat mungkin dengan US$1.

Kinerja Lumayan
Prinsip kerja MKR dan DAI sebagai satu kesatuan dalam sistem memang terbilang rumit sekaligus unik. Lahir sejak akhir Januari 2017, per 8 Februari 2020, MKR sudah memberikan imbal hasil hingga 2.537,66 persen kepada penggunanya.

BERITA TERKAIT  Pesona Bitcoin di Mata Christine Ginting
Kinerja Maker (MKR) sejak awal tahun 2020 hingga 8 Februari 2020. Sumber: Coinmarketcap.

Sepanjang tahun ini saja (YTD/year to date), MKR sudah naik sekitar 32 persen, dari US$435 menjadi US$578. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO