Menjajal Brave Reward untuk Dulang Kripto BAT

1185
IKLAN

Teknologi blockchain menghadirkan beragam terapan nyata di Internet. Aspek utama di dalam blockchain, yakni reward (imbalan) dalam wujud aset kripto, adalah penting sebagai pendorong kegiatan bermutu berikutnya. Adalah peramban (browser) Brave bisa memberikan itu kepada Anda. Bagaimana caranya?

Sebelumnya, kita perlu membedakan aspek monetisasi konten website tradisional dengan berbasis blockchain. Jikalau Anda seorang blogger, monetisasi biasa adalah melalui pemasangan iklan dan donasi menggunakan sistem pembayaran PayPal atau kartu kredit. Nah, jikalau Anda menggunakan Brave Reward, maka Anda selaku blogger bisa menerima aset kripto BAT (Basic Attention Token) sebagai bentuk donasi dari pembaca Anda. Nah, dengan menerima BAT, maka Anda berpeluang mendapatkan capital gain dari kenaikan harganya di pasar aset kripto.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, harga BAT sejak awal tahun ini mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Pada 1 Januari 2019 BAT bertengger di US$0,128. Ketika artikel ini disusun BAT setara dengan US$0,31. Artinya BAT memuncak hingga 142,1875 persen.

Dari segi “nilai produk”, BAT sebenarnya lumayan baik, karena merupakan bagian penting dari peramban Brave. Dengan menggunakan Brave ini berselancar di Internet memang terbukti cepat, karena mampu memblokir iklan dan sejumlah skrip website yang tidak diperlukan atau dianggap melanggar privasi pengguna.

Sebelum Anda bisa menerima donasi (tips) dalam bentuk BAT, Anda terlebih dahulu membuat akun di program Brave Reward sebagai Publisher. Disarankan ketika membuatnya melalui peramban Brave. Setelah mengisi sejumlah isian di borang (form) yang disediakan dan memasukan skrip kecil di website, Anda harus menunggu paling lama 48 jam hingga akun Brave Reward Anda disetujui oleh pengembang. Skrip ini sangat diperlukan untuk memastikan website Anda terpadu dengan akun Brave Reward Anda.

Setelah dua hari berlalu, maka website Anda siap menerima donasi BAT di peramban Brave. Untuk memastikannya, silahkan klik tombol Brave di sudut kanan atas di bagian address bar Brave. Akan muncul kotak dialog yang menyatakan website telah terverifikasi dan pengguna bisa mengirimkan Brave ke akun Brave Reward Anda.

Lalu, apakah aset kripto Anda bisa ditarik langsung dari akun Brave Reward. Sayangnya tidak semudah itu, Ferguso! Anda diharuskan membuat akun di Uphold terlebih dahulu, dengan menyertakan sejumlah identitas dalam rangka KYC. Dan pastikan pula akun Uphold Anda terkoneksi dengan akun Brave Reward.

Sayangnya, dari sejumlah percobaan oleh Blockchainmedia, kami mengalami kegagalan memverifikasi identitas berupa KTP, karena sistem menolak format gambar (JGP atau PNG) yang diunggah. Namun, ketika kembali ke laman awal verifikasi, dinyatakan file telah diterima, tetapi sistem tetap melanjutkan dari awal, yang meminta pengguna mengirimkan salinan identitas diri. Padahal langkah berikutnya adalah proses mengunggah foto diri.

Oh ya, setiap kali Anda login ke akun Brave Reward, Anda diharuskan memverifikasinya dengan mengklik link verifikasi yang masuk ke e-mail. Dan jangan lupa mengaktifkan 2FA menggunakan Google Authenticator agar proses log in lebih aman.

Kami berkesimpulan, adalah baik pengembang Brave memang hendak menjunjung privasi dengan memblokir secara otomatis sejumlah hal yang ada pada website yang dibuka. Tetapi itu bertolak belakang dengan kebijakan verifikasi akun di Uphold yang harus menyertakan data diri untuk dapat menarik BAT yang diterima. [vins]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini