Menyoal Bitcoin, Dua Pakar Kripto Akan Bersaksi di Sidang Craig Wright

1801

Dua pakar kripto akan bersaksi di sidang melawan Craig Wright soal klaim dirinya sebagai pencipta Bitcoin dan simpanan senilai satu juta Bitcoin yang diduga dimilikinya.

IKLAN

Andreas Antonopoulos, pendukung kripto dan penulis buku Mastering Bitcoin, dijadwalkan bersaksi hari ini (9 Januari 2020). Sedangkan novelis Andrew O’Hagan, penulis The Satoshi Affair, akan bersaksi pada 15 Januari 2020 mendatang di antara dua hari kesaksian Wright.

Wright dituntut oleh pihak Dave Kleiman, seorang pakar forensik komputer yang terlibat saat masa-masa awal pertumbuhan Bitcoin. Tuntutan tersebut mengklaim Wright dan Kleiman bermitra membentuk suatu perusahaan penambangan Bitcoin bernama W&K Info Defense Research LLC pada tahun 2011.

Pihak Kleiman berkata kemitraan tersebut berakhir dengan Wright menipu Kleiman sejumlah 1,1 juta Bitcoin, sekitar US$10 miliar ketika tuntutan diajukan pada Februari 2018, atau sekitar US$8,7 miliar saat ini.

O’Hagan sempat menghabiskan waktu bersama Wright ketika menulis bukunya yang membahas soal riset identitas pencipta Bitcoin yang misterius, Satoshi Nakamoto, dan apakah Wright punya bukti nyata untuk mengklaim identitas ini.

Pada tahun 2016, saat diterbitkan, buku O’Hagan menuai kritik dari komunitas kripto. Ia disebut memiliki pemahaman yang tidak menyeluruh tentang teknologi blockchain, sehingga hal tersebut menurunkan kualitas bukunya.

Antonopoulos terdaftar sebagai pakar di pihak penuntut, sehingga ia akan bersaksi melawan Wright. Pengacara Wright dilaporkan mencoba mendaftarkan Antonopoulos sebagai pakar di pihak mereka, dengan tujuan mendukung klaim Wright sebagai Satoshi Nakamoto.

Menurut Antonopoulos sendiri, ia menolak tawaran tersebut sebab ia tidak tahu identitas Nakamoto yang asli. Ia menulis, “Setelah saya menerima tawaran NDA (non-disclosure agreement), jelas proyek itu soal verifikasi identitas Satoshi Nakamoto. Saya langsung menolak tawaran itu. Saya tidak tahu apakah Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto atau bukan. Saya tidak tahu dan saya tidak peduli.”

BERITA TERKAIT  Aplikasi Android dan IOS Triv | Pro Kini Sudah Bisa Digunakan

Calvin Ayre, pendiri Ayre Group dan CoinGeek.com, teman dekat Wright yang meyakini ia adalah Satoshi, meragukan kesaksian Antonopoulos. Ia berkata, “JIka Craig adalah Satoshi seperti yang disetujui semua orang, tetapi Andreas berkata ia bukan dan BSV bukanlah Bitcoin, bagaimana ia bisa disebut pakar? Antara kasusnya salah atau pakarnya bukan pakar. Aneh.”

Bulan Agustus lalu Decrypt melaporkan pengadilan memberikan keputusan kepada Wright untuk menyerahkan 50 persen Bitcoin yang ditambangnya sebelum 31 Desember 2013 ke pihak Kleiman, atau sekitar 550 ribu BTC. Kemudian pada September 2019, Wright mulai membicarakan kesepakatan penyelesaian dengan pihak Kleiman.

Wright terus mengklaim, kendati dirinya Satoshi dan ia menambang Bitcoin tersebut, ia tidak bisa mengaksesnya. Ia menjelaskan, “Saya akan menerima informasi pada Januari 2020 yang membantu saya mengidentifikasi koin yang saya tambang pada tahun 2009 dan 2010. Tetapi saya tidak yakin semua informasi yang dibutuhkan akan tiba.”

BERITA TERKAIT  Kripto Gram Buatan Telegram Dikhawatirkan Digunakan oleh Organisasi Teroris

Wright menambahkan ia tidak menjamin private key terhadap Bitcoin tersebut akan tersedia, ataupun digunakan pada Januari 2020. [decrypt.co/ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini